5R Kaizen yaitu perbaikan lingkungan kerja dan produktivitas karyawan
Kaizen adalah bahasa Jepang yang berarti : Kai yaitu artinya perubahan atau perbaikan dan Zen artinya baik.
Jadi Kaizen adalah merupakan pengembangan,produktivitas,kwalitas,tehnologi,proses produksi,budaya kerja,keamanan kerja dan kepemimpinan yang dilakukan secara terus menerus.
Metode dan cara 5S atau 5R ini banyak di gunakan oleh suatu perusahaan untuk melakukan perubahan dan perbaikan yaitu dengan menerapkan sistem 5R.
Di Jepang penerapan sistem ini sudah banyak di gunakan dan di terapkan di sebut 5S dan di Indonesia di sebut 5R ,artinya adalah :
1.Seiri = Ringkas
2.Seiton = Rapi
3.Seiso = Resik
4.Seiketsu = Rawat
5.Shitsuke = Rajin
Manfaat 5S atau 5R yaitu :
* Peningkatan produksi tanpa menambah area kerja
* Produktivitas SDM semakin meningkat
* Lingkungan kerja lebih,aman,nyaman,dan bekerja lebih cepat
* Penghematan yang ada dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja
Dengan adanya 5S/5R para pekerja akan merasa lebih nyaman,produktif,efisien,dan sejahtera
Bersambung.............
Artikel rencana penerapan budaya 5R di bidang ritel
SHINY BOOKS SHOP
5S atau 5R adalah pemanfaatan
tempat kerja yang mencakup peralatan dokumen,bangunan dan ruangan untuk melatih
kebiasaan para pekerja dalam usaha meningkatkan disiplin kerja.
Sistem manajemen tata graha (good
house keeping management) yang akan kami lakukan dalam mengelola toko buku
(gudang,tempat merokok,toilet ,parkir dan area pendukung lain seperti fasilitas
publik)
Tempat kerja yang
bersih,rapi,aman dan nyaman yang akan menghasilkan produk dengan kualitas
tinggi,penekanan biaya,penyelesaian tepat waktu,safety terjamin,moral tinggi
dan lingkungan terjamin.
Jelasnya bahwa 5S adalah
perangkat yang dapat meningkatkan mutu produk dan tempat kerja.Namun
demikian,proses ini tidak mudah untuk diterapkan serta harus membutuhan usaha
yang sungguh-sungguh serta komitmen dari seluruh staf dan manajemen,jika tidak
mematuhi aturan hasilnya akan tidak memuaskan dan kita akan kembali dengan
kebiasaan yang lama.
Di sini SHINY BOOKS SHOP akan
mencoba menerapkan konsep 5S atau 5R
Tahap IMPLEMENTASI 5S atau 5R:
Ringkas/Seiri/Sort
Rapi/Seiton/Straighten
Resik/Seisou/Sweep or Shine
Rawat/Seiketsu/Standardize
Rajin/Shitsuke/Self discipline
1.5S /5R yang aktif (persiapan)
2.5S/5R yang efektif
(pembudayaan)
3.5S/5R tingkat lanjut
(pencegahan)
Tahap 1
1.Ringkas
yaitu membuang barang yang tidak diperlukan
-barang yang rusak/dibuang
-stok mati/dibuang
-stok tidur/dipindahkan ke tempat
penyimpanan (gudang)
-bahan-bahan sisa
2.Rapi
-membenahi tempat penyimpanan
barang dan lainya dan mengatur tata letak peralatan kerja.
3.Resik
- mengatur prosedur kebersihan
harian,termasuk penanggung jawabnya.
4.Rawat
- mempertahankan dan menindak
lanjuti dari ketiga langkah diatas (ringkas,rapi,resik) serta pemeriksaan di lapangan.
5.Rajin
- kebiasaan disiplin
-mengendalikan visual kerja
-menerima kritik dan saran atas
pelaksanaan dari 4 hal diatas(ringkas,rapi,resik,rawat)
-pemasangan slogan-slogan
-menuju terciptanya suatu
kebiasaan yang rajin yang pada akhirnya akan menjadi budaya
Tahap 2
1.Ringkas = mengendalikan tingkat
persediaan barang
2.Rapi =memudahkan pengunaan dan
pengembalian barang
3.Resik=membudayakan kebersihan
dan pemeriksaan minimal 5 menit setiap hari
4.Rawat=memperhatikan tempat
kerja yang resik
5.Rajin=mempertahankan rawat di
toko
Tahap 3
1.Ringkas pencegahanya
menghindari barang yang tidak diperlukan
2.Rapi pencegahanya menghindari
ketidak rapian di ruang toko
3.Resik pencegahan membersihkan
tanpa mengkotori lagi
4.Rawat pencegahanya mencegah
penurunan kondisi lingkungan
5.Rajin pencegahanya
mensistematika pelatihan terhadap karyawan
Jadi kesimpulan tujuan
masing-masing,
1.Ringkas=biaya/cost
2.Rapi=proses delivery
3.Resik=quality dan safety
4.Rawat=sistem dan standart
5.Rajin=budaya dan sikap

SHINY BOOKS
SHOP
Shinta Jue
|
Tialamora
|
Nia st
|
Adyma
|
Nick Manggo
|
Cara membangun dan memelihara
sebuah lingkungan yang bermutu,sekelompok cara-cara untuk memajukan organisasi
tempat kerja (GENBA),menjamin kesesuaiannya dengan Standar yang ada dan
memelihara semangat untuk melakukan improvement yang berkesinambungan
(KAIZEN)di dalam wilayah SHINY BOOKS SHOP.
1.RINGKAS-SEIRI-SHORT
Dengan menerapkan konsep Ringkas maka Shiny Book Shop hanya menampilkan barang- barang yang di perlukan saja di ruangan toko.
Seperti hanya menata buku sesuai kapasitas rak dan jenis buku , kelebihan buku dengan jenis yang ada di dalam rak buku di simpan dalam gudang khusus yang menyimpan pembukuan .Untuk menekan pembelanjaan buku yang kurang laku di jual Shiny Book Shoop memberi tanda- tanda pada bagian rak buku sehingga lebih mudah mengetahui buku-buku jenis apa saja yang banyak di minati dan buku jenis apa saja yang kurang di minati dengan pemberian tanda tersebut akan lebih mudah mengontrol anggaran pembelanjaan sehingga kita tidak perlu menggunakan waktu lama dalam hal pengecekan ,`untuk melakukan strategi kenyamanan pengunjung Shiny Books Shop pun menyediakan kursi panjang kecil yang berwarna hijau pada gambar di bawah ,yang di letakkan di samping rak buku , ini berfungsi mengatur pembeli yang ingin membaca buku yang akan di belinya lebih lama untuk duduk di kursi yang telah di sediakan tanpa harus duduk di lantai atau berdiri lama di depan rak buku , di bagian buku yang berkaitan dengan dunia anak-anak di sediakan kursi lebih banyak dan hanya menempatkan satu meja saja ,penambahan kursi dan penempatan satu meja yang di beri warna kuning pada gambar di bawah adalah berfungsi untuk menyiasati keributan karena rebutan kursi yang sering di lakukan anak-anak , dengan memberi penambahan kursi maka kegaduhan dalam toko bisa di siasati.Di dalam toko di letakan 2 rak buku lipat yang di beri warna biru pada gambar , rak lipat ini sewaktu -waktu kalau tidak di gunakan bisa di simpan dalam gudang ,fungsi rak lipat ini tempat menaruh buku atau kartu ucapan pada waktu- waktu tertentu , misalkan kartu ucapan hari raya atau yang lainnya,Shiny Book Shop hanya membuat 2 kasir yang selalu di fungsikan untuk melayani di dalam gambar di beri warna orange , di samping kanan dan kiri meja kasir di letakan keranjang yang di beri warna merah, ini memudah kan pembeli untuk meletakan kembali keranjang yang telah di gunakannya sehingga keranjang tidak berderet di mana- mana. Untuk mengurangi tempelan di dinding- dinding sebagai tujuan promosi maka Shiny Book Shop menyediakan satu tempat khusus dinding yang di buat dari papan untuk tempat melakukan promosi yang di letak kan di bagian depan toko ,Untuk memudahkan pembeli ketika mencari jenis buku yang akan di belinya maka Shiny Book Shop tidak membuat denah sebagai petunjuk rak-rak dengan jenis buku yang di jual tetapi Shiny Book Shop membuat logo yang di gantung di atas rak buku ,misalkan untuk buku pelajaran TK dan SD di atas rak itu akan di gantungkan foto anak berseragam Tk dan SD yang sedang membaca buku atau untuk kamus bahasa asing di atasnya akan di beri gambar berbagai bendera negara lain selain tulisan kata KAMUS di atas rak tersebut , sehingga dalam jarak yang jauh para pembeli bisa dengan mudah mengetahui di mana letak rak buku yang akan mereka cari tanpa harus bertanya kepada karyawan toko, untuk meringkas barang- barang yang jarang di gunakan , seperti alat -alat dekorasi untuk menciptakan nuansa -nuansa tertentu , seperti nuansa hari raya di buat dekorasi yang menghias ruangan toko maka alat-alat itu di simpan dalam gudang , Shiny Book Shop memiliki 2 gudang yang bisa di gunakan untuk menyimpan barang sesuai jenisnya , dalam gambar ada huruf A dan B , itu merupakan gudang, gudang A tempat barang yang berjenis kertas , seperti buku , dokumen dan map.Gudang ini pun merupakan tempat serbaguna yang bisa di gunakan untuk tempat berkumpul para karyawan saat melakukan meeting tentang perkembangan toko atau juga sebagai tempat ganti pakaian yang mana ruangan itu di lengkapi dengan lemari kecil yang bisa di gunakan sebagai meja saat para karyawan berkumpul untuk menyampaikan ide-ide mereka. ,Gudang B merupakan tempat penyimpanan alat-alat lain , seperti tangga , atau alat-alat kebersihan lainnya gudang B di buat agak besar dengan tujuan bisa menampung barang lebih banyak agar barang -barang yang berukuran besar bisa masuk semua tanpa harus di letakan di luar yang bisa membuat ruangan toko terkesan lebih sempit.. Shiny Book Shop juga memiliki 2 toilet untuk pria dan wanita , sedangkan untuk anak -anak di satukan dengan toilet wanita karena umumnya anak-anak kalau pergi ke toilet di antar oleh ibunya.
Gambar Tata Letak Ruang SHINY BOOK SHOP

sebelum
Shiny Books Shop tata ruang sangat berantakan
|
setelah
Shiny Books Shop tata ruang
sangat bersih dan rapi
|
2.RAPI-SEITON-STRAIGHTEN
Merapikan dan menata barang yang
ada di dalam toko ‘SHINY BOOKS SHOP’.
Barang yang akan dikerjakan kami
tata rapi sesuai tempatnya,misalnya tempat buku-buku tentang cerita untuk anak,buku tata boga,buku
kurikulum atau pelajaran sekolah,buku arsitektur,novel dan buku-buku lain
sesuai tempat dan rak yang telah tersedia.
-Barang yang baru datang yang
tidak atau belum dikerjakan harus kami jauhkan dari tempat kerja,tetapi masih
ada di dalam wilayah toko atau di taruh di dalam gudang terlebih dahulu
-Untuk buku pesanan yang minta di antarkan, Shiny Book Shop menata buku sesuai waktu pengantaran,misalkan buku yang harus di antar minggu ini di satukan dengan buku yang akan di antarkan dalam minggu ini juga yang telah di tata rapi dalam gudang sehingga akan lebih mudah mengetahui buku mana yang harus di antar terlebih dahulu dan berapa banyak jumlah buku yang harus di antarkan ,contoh penataan buku yang harus di antarkan berdasarkan waktu ,
-Untuk buku pesanan yang minta di antarkan, Shiny Book Shop menata buku sesuai waktu pengantaran,misalkan buku yang harus di antar minggu ini di satukan dengan buku yang akan di antarkan dalam minggu ini juga yang telah di tata rapi dalam gudang sehingga akan lebih mudah mengetahui buku mana yang harus di antar terlebih dahulu dan berapa banyak jumlah buku yang harus di antarkan ,contoh penataan buku yang harus di antarkan berdasarkan waktu ,

TPS
TEMPAT PENYIMPANAN
SEMENTARA
|
Nama barang :tempat TPS
|
Waktu :tgl/bln/thn
|
-Memberi nama atau label buku dan
mengatur tata letak buku yang sesuai dengan tempatnya,misalnya label merah
untuk buku yang rusak,label kuning untuk buku yg baru datang,label biru untuk
buku yg siap di pasarkan.
Shiny Book Shop mewajibkan setiap karyawannya
untuk menggunakan seragam dan memakai sepatu warna hitam saat berada dalam
toko atau saat bekerja
- Bagi karyawan yang tidak mengenakan kerudung di wajibkan untuk mengikat rapih rambutnya
- Setiap waktu sambil mengawasi pembeli karyawan di beri kewajiban untuk mengecek keadaan buku,apakah ada sampul yang robek ataukah ada buku yang susunannya terbalik,atau juga ada buku yg berjudul lain berada di judul yg berbeda contoh:buku tata boga berada dalam susunan rak buku cerita anak atau sebaliknya buku cerita anak berada dalam susunan rak tata boga.
- Bagi karyawan yang tidak mengenakan kerudung di wajibkan untuk mengikat rapih rambutnya
- Setiap waktu sambil mengawasi pembeli karyawan di beri kewajiban untuk mengecek keadaan buku,apakah ada sampul yang robek ataukah ada buku yang susunannya terbalik,atau juga ada buku yg berjudul lain berada di judul yg berbeda contoh:buku tata boga berada dalam susunan rak buku cerita anak atau sebaliknya buku cerita anak berada dalam susunan rak tata boga.
- Selalu mengecek kursi- kursi
yang di sediakan untuk pembeli ,apakah posisinya menghalangi jalan,sehingga
akan menghalangi pembeli untuk masuk ke dalam toko kita.
Dan untuk bagian gudang Shiny Book Shop menempatkan lemari besi panjang tanpa pintu yang bersusun untuk menaruh alat- alat yang sering di gunakan, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Dan untuk bagian gudang Shiny Book Shop menempatkan lemari besi panjang tanpa pintu yang bersusun untuk menaruh alat- alat yang sering di gunakan, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

- Meletakan tempat sampah pada
bagian pinggir pintu masuk,agar para pengunjung yang membawa sampah secara tidak sengaja dapat membuangnya
terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam toko , contoh: membuang terlebih dahulu
tisu yang dari tadi di pegang bekas mengelap keringat atau mengelap sisa
makanan tanpa harus membawa masuk kedalam toko.
seperti gambar di bawah ini:

- Untuk penataan AC dan kipas
angin di tempatkan di dinding tembok yang strategis agar berfungsi dengan baik
dan tidak mengganggu pemandangan penataan rak buku.
- Pada bagian dinding khusus
promosi di buat penutup dari kaca agar kertas yang di tempelkan untuk tujuan
promosi agar tidak terbang karena tertiup angin .
- Pada bagian-bagian toilet di buat ruangan yang tertata rapi,antara
ruang kloset dan tempat cuci tangan ada jarak yang cukup luas,serta di bagian
atas tempat cuci tangan di pajang kaca yang pinggir- pinggirnya di buat hiasan
bunga dari plastik yg kami rangkai atau kreasi kami sendiri yang di buat seunik
mungkin.
-toilet yang bersih dan rapi,
akan membuat pelanggan datang lagi karena merasa nyaman dan mendapatkan
pelayanan yang ramah dari kami semua karyawan “Shiny Books Shop”

Gambar Kerapian rak buku di Shiny books shop
-Buku-buku di susun dengan rapi
dalam rak-rak sesuai dengan jenisnya.Antara setiap rak di beri jarak cukup
lebar,yang membuat pengunjung bisa leluasa mencari buku,tanpa harus
berdesak-desakan.
-Rak-rak buku yang di desain
sedemikian menarik dengan susunan rak tidak terlalu tinggi,sehingga bisa di
jangkau oleh anak-anak.Buku-buku yang yang di sediakan dalam berbagai ragam dan
bentuk pasti sangat di sukai anak-anak.
3.RESIK-SEISO-SWEEP OR SHINE
Membersihkan area kerja dari debu,kotoran dan
elemen asing lainnya dari tempat kerja sehingga terlihat bersih di setiap
jengkalnya.
misalnya
menyapu,mengepel,mengelap,mengecat,dan kegiatan pembersihan yang
lainnya.Pembersihan di sini kami utamakan sebagai pemeriksaan terhadap
kebersihan dan menciptakan tempat kerja dan toko selalu dalam keadaan bersih
tanpa cacat dan cela,untuk memuaskan
rasa aman dan nyaman kepada setiap pengunjung atau pelanggan yang
datang.
Dalam membersihkan toko kami awali sebelum
buka toko dan sesudah buka toko(Open/close door) ,dengan cara berbagi tugas
harian dan kerja bersama dalam 1 minggu sekali gotong royong
JADWAL TUGAS
Semua jadwal tugas ini
dilakukan sebelum toko buka dan setelah toko tutup
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum at
|
Sabtu
|
Nia & tia
|
Anik & Shinta
|
Tia & Adhima
|
Shinta & Anik
|
Adhima & Nia
|
semua karyawan
|
ruang toko
meja&kursi
ruang kantor
laci dan rak buku-buku
lantai toko
toilet
|
pintu toko
kaca jendela
pintu
meja kasir
kursi-kursi
lantai toko
toilet
|
hiasan dinding
buku-buku
keranjang
rak &meja
lantai toko
toilet
|
pagar depan
ruang baca
ruang tunggu
meja baca
rak buku
lantai toko
toilet
|
kaca jendela
TPS
boks buku
kardus
sampah
lantai toko
toilet
|
toko,kantor
dan barang yang datang dan
pergi
atau jadwal delivery
|
Kebersihan toko selalu terjaga tiap hari dan yang paling utama adalah kebersihan yang
higienis.
Untuk menghindari debu bertebaran
dalam ruangan toko , kami dalam menyapu ruangan tidak mengunakan sapu namun
mengunakan vaccum cleaner dan untuk menghindari debu atau pasir masuk terbawa
sepatu atau sandal dari pembeli kami meletakkan keset di depan pintu masuk dan berusaha untuk selalu memastikan
keadaan pintu tertutup .Mengelap semua perabotan sebelum
menyapu dan mengepel lantai , semua perabotan di lap dengan kain basah dan di
keringkan, sebagian perabotan ada yang terbuat dari kayu di lap mengunakan furniture polish. Dan untuk
buku- buku cukup menggunakan simpel cleaning dengan kain kering untuk membersihkannya, setelah selesai
mengelap dari bagian sudut kesudut dan mengecek semua rak dan perabotan sudah
rapi dan bersih , baru membersihkan lantai
dengan vaccum dan mengepel mengunakan multi puspose disinfectant cleaner
atau detol guna menjaga lantai
bebas dari kuman,di setiap sela- sela jam istirahat kami selalu mewajibkan
kebersihan 5 menit di tempat kami saat
itu berdiri , misal 10 menit lagi istirahat , 5 menit itu di gunakan untuk
mengecek area tempat terakhir karyawan berdiri ,Ini merupakan kegiatan wajib
yang rutin di lakukan.
Toilet dan gudang merupakan tempat terpenting lainnya yang harus di perhatikan kebersihannya ;ruangan toilet di bersihkan setiap pagi mulai dari atas kebawah,toilet di bersihkan dengan liquit toilet cleaner ,dan jeef ,dan menyediakan liquit cuci tangan dan tisu di tempat cuci tangan,guna cuci tangan sehabis ke toilet.
setiap karyawan yang telah menggunakan toilet tersebut berkewajiban membersihkan dan mengecek persediaan tisu , melihat tempat sampah , kalau penuh secara sukarela setiap karyawan yang pertama kali melihatnya harus membuang sampah yang ada,setiap pagi ada 1 karyawan tugas membersihkan gudang mengecek segalanya dari atap ada yang bocor atau tidak .mengecek dari sudut kesudut dan juga melihat stok dagangan yang habis atau yang tersisa, dan stok yang lama harus di taruh di bagian atas atau depan supaya mudah untuk mengambilnya.
Di bagian gudang pun demikian setiap karyawan yang masuk ke gudang harus memperhatikan keadaan barang-barang sekelilingnya apakah ada yang terlihat berantakan seperti posisi tumpukan kardus yang miring dan hampir jatuh untuk segera di rapikan. selama karyawan ada di ruangan toko wajib bertanggung jawab atas apa yang ada . jadi kita semua harus ber inisiatif sendiri tanpa harus satu sama yang lain karyawan memerintah kita, kebersihan,kerapian dalam toko shiny adalah tanggung jawab semua karyawan yang ada.bersih,rapi dan unik dalam kerapian toko adalah keutamaan untuk mengundang para costumer. maka toko shiny selalu memperioritaskan hal kebersihan dan menerapkan 5R dalam toko shiny
Toilet dan gudang merupakan tempat terpenting lainnya yang harus di perhatikan kebersihannya ;ruangan toilet di bersihkan setiap pagi mulai dari atas kebawah,toilet di bersihkan dengan liquit toilet cleaner ,dan jeef ,dan menyediakan liquit cuci tangan dan tisu di tempat cuci tangan,guna cuci tangan sehabis ke toilet.
setiap karyawan yang telah menggunakan toilet tersebut berkewajiban membersihkan dan mengecek persediaan tisu , melihat tempat sampah , kalau penuh secara sukarela setiap karyawan yang pertama kali melihatnya harus membuang sampah yang ada,setiap pagi ada 1 karyawan tugas membersihkan gudang mengecek segalanya dari atap ada yang bocor atau tidak .mengecek dari sudut kesudut dan juga melihat stok dagangan yang habis atau yang tersisa, dan stok yang lama harus di taruh di bagian atas atau depan supaya mudah untuk mengambilnya.
Di bagian gudang pun demikian setiap karyawan yang masuk ke gudang harus memperhatikan keadaan barang-barang sekelilingnya apakah ada yang terlihat berantakan seperti posisi tumpukan kardus yang miring dan hampir jatuh untuk segera di rapikan. selama karyawan ada di ruangan toko wajib bertanggung jawab atas apa yang ada . jadi kita semua harus ber inisiatif sendiri tanpa harus satu sama yang lain karyawan memerintah kita, kebersihan,kerapian dalam toko shiny adalah tanggung jawab semua karyawan yang ada.bersih,rapi dan unik dalam kerapian toko adalah keutamaan untuk mengundang para costumer. maka toko shiny selalu memperioritaskan hal kebersihan dan menerapkan 5R dalam toko shiny

Gambar toiler toko shiny yang
bersih dan rapi
Karyawan shiny shop membersihkan
toilet secara teratur .supaya bakteri dan kuman tidak akan tumbuh dan
berkembang di toilet , sehingga pembeli yang datang ketoilet merasa nyaman .
untuk menjaga kebersihan toilet dari bau tidak sedap shiny shop membuat
ventilasi sehingga udara yang terkontaminasi tersebut dapat keluar melalui
ventilasi .sehingga udara terus berganti.
juga menyediakan
Air bersih
shiny shop juga menyediakan air
bersih yang cukup,sebab tanpa cukup air tidak akan terbuang secara menyeluruh
saat kita siram,
Tisu dan sabun
juga selalu di sediakan di toilet
.supaya setelah selesai di toilet tetap bersih.

Gambar membersihkn lantai shiny
shop sangat menjaga kebersihan lantai. menyapu dan mengepel tugas rutin setiap
mau buka toko dan tutup toko.

satu karyawan shiny shop
bersemangat dan rajin sekali mengepel
lantai, guna lantai bebas dari kuman, lantai yang bersih dan ruangan toko rapi membuat sang custumer kerasan berada di toko guna membeli buku ,
4.RAWAT-SEIKETSU-STANDARIZE
Pada prinsipnya kami akan mengusahakan agar
tempat kerja yang sudah menjadi baik dapat selalu terpelihara,di tempat kerja
yang terawat,kerawanan serta penyimpangan dapat segera terkendali,sehingga
berbagai masalah dapat tercegah sedini mungkin.
-peminjam barang tidak
mengembalikan di tempat semula
-perlakuan yang salah terhadap
barang sehingga menjadi cacat
-pelanggan memilih milih barang
dengan kasar yang membuat barang berantakan
-semua orang yang datang
memperoleh informasi yang dibutuhkan di tempat kerja tepat
waktu
- setiap anggota / karyawan wajib mengembalikan barang yang
mereka ambil ke tempat semula seperti bolpoin , tanda pembelian barang serta
barang-barang lainnya.
Standarisasi dilakukan untuk
menetapkan prosedur yang nantinya di ikuti dan di terapkan oleh seluruh tenaga
kerja.Peraturan ini bisa berupa jenis barang yang boleh dibuang dan cara
membuangnya,dimana dan bagaimana menyimpan buku-buku terutama yang baru datang
serta bagaimana cara menaruhnya dan
menyimpannya kembali setelah digunakannya,kapan dan bagaimana yang baik
melakukan pembersihan tempat kerja dan siapa yang bertanggung jawab atas
kegiatan tersebut.
Untuk menghindari kelalaian dalam
bekerja ,setiap karyawan di larang bermain handphone ketika jam kerja
berlangsung.Karena bisa berdampak tidak baik untuk semuanya.Dan juga bisa tidak
boleh makan atau mengunyah permen karet dalam jam kerja.Setiap karyawan wajib
menyapa pelanggan dengan ucapan selamat datang dan mengucapkan terima kasih
setiap pelanggan meningalkan toko,selalu memasang wajah ceria dan tersenyum.
Penampilan para officer,
karyawan, staff serta satpam yang standard
dan profesional akan memberikan brand image yang membedakan satu toko
dengan toko lainnya.Termasuk bentuk fisik gedung,neon sign,layout,design logo
toko merupakan bagian budaya toko yang harus dievaluasi terus menerus dan
dilakukan perbaikan.Shiny Books Shop semaksimal mungkin akan melaksanakan dan
melestarikan standar di segala bidang baik di seri / ringkas ,rapi /seiton
,resik / seiso.Dengan melestarikan dan merawat yang mencakup hal 5R di atas
untuk menghindari ketidak pastian atau
tidak sesuai dengan budaya
seluruh karyawan. Hal ini supaya seluruh karyawan tanpa kecuali mampu
melaksanakan ringkas ,rapi dan resik.Untuk mencegah penurunan kondisi
lingkungan di Shiny Books Shop.untuk itu seluruh karyawan memiliki komitmen
dalam diri sendiri yakni menjaga kebersihan diri sendiri, lingkungan toko baik
gudang atau pun toilet dan mematuhi 5R sebelum nya , itu semua bertujuan untuk merawat dan menjaga
lingkungan toko yang ringkas, bersih ,rapi . Dengan begitu terciptalah suasana
kerja yang aman ,nyaman, jauh dari kotoran ,debu atau pun kuman penyakit
.Seluruh karyawan tanpa terkecuali semua mempunyai semangat kerja yang tinggi
pada akhir nya akan meningkat kan produktivitas di Shiny Books Shop.

Gambar diagram kondisi lingkungan
Shiny Shop Books
Dengan menerapkan 5R dan mempertahankan tempat kerja yang resik akan mencegah penurunan kondisi lingkungan di
tempat kerja.Jadi inti /dasar dari 5R adalah Ringkas,Rapi,dan Resik,sedangkan
Rawat dan Rajin adalah proses pengendalian dan tindak lanjut dari ketiga hal
tersebut diatas.
Dalam pelaksanaan 5R di Shiny
Books Shop di kantor maupun di lapangan,kami menggunakan tahapan sikap kerja
yang :
a.Dipaksa (manusia pada dasarnya
malas)
b.Terpaksa(kendali dengan sistem)
c.Bisa(proses pembelajaran sampai
tahu)
d.Biasa(sikap yang termotivasi)
e.Budaya(perilaku yang mengarah
pada belief)
5.RAJIN-SHITSUKE-SELF-DISCIPLINE
Di wilayah tempat kerja kami SHINY BOOKS SHOP akan kami terapkan suatu
Kebijakan Manajemen dengan tujuan agar setiap karyawan terbiasa untuk membina
disiplin diri.
Dengan 5R kami mempunyai dasar
dalam membangun industri yang mampu bersaing dan mewujudkan cita-cita untuk
mempunyai perusahaan yang lebih baik dari segi mutu produk dan pelayanan
(better quality),pengiriman produk atau pelayanan yang tepat waktu(faster
delivery) dan operasional berbiaya rendah(cost effective),untuk mencapai hal
tersebut harus ditopang dengan adanya pondasi yang kokoh dan kuat yaitu Budaya
Kerja Disiplin 5R.

Gambar.Budaya Disipline 5R
:hubungan yang harmonis antara manusia yang berjiwa(kaizen) terhadap Tempat
kerja(Genba)
Kebijakan Manajemen :
-Karyawan wajib menerapkan 5R
tanpa adanya pengecualian yang telah bekerja di toko ini
-Tempat dan waktu istirahat telah
ditetapkan dan karyawan boleh memilih tempat dan area seperti waktu istirahat
untuk keadaan yang khusus,larangan merokok,penggunaan fasilitas
facebook,handphone di dalam toko
-Tidak ada lembur untuk kegiatan
5R
-Kegiatan audit 5R dan patroli 5R
-Adanya kegiatan tahunan untuk
penghargaan dan hadiah kepada area terbaik /area pencapain peningkatan
tertinggi
Kebijakan bagi Pelanggan :
-Keluhan pelanggan serta kritik
pelanggan akan selalu kami perhatikan
untuk memperbaiki tata cara kerja dan disiplin diri untuk melayani pelanggan
dengan sebaik baiknya.
-Menjaga hubungan baik dengan
pelanggan dengan bersikap ramah dan selalu memperhatikan keinginan pelanggan.
-Menyingkapkan informasi
Manfaat dengan melaksanakan
program 5R di tempat kerja kami baik itu dalam jangka pendek ataupun jangka
panjang adalah sebagai berikut ;
1.Zero waste = mengurangi biaya
dan efisiensi akan meningkat.
2.Zero injure = keselamatan kerja
lebih baik
3.Zero breakdown = pemeliharaan
lebih baik.
4.Zero defect = kualitas lebih
baik.
5.Zero set up time = tidak ada
waktu yang terbuang.
6.Zero late delivery = dapat
memenuhi permintaan atau pesanan pelanggan tepat waktu.
7.Zero defisit = perusahaan
ShinyBooks Shop akan lebih maju.
Struktur Organisasi SHINY BOOKS
SHOP
ADMINISTRATOR
|
Officer Penerapan 5R
|
PROMOTOR
|
PROMOTOR
|
LEADER
|
LEADER
|
LEADER
|
LEADER
|
LEADER
|
LEADER
|
LEADER
|
LEADER
|
LEADER
|
1.Direktur atau plan manager
2.Promotor atau karyawan
setingkat manager
3.Leader atau karyawan setingkat
supervisor
Officer penerapan 5R ini harus selalu ada dan dijalankan oleh
beberapa orang dari para pusat pimpinan,melibatkan orang dari tim perusahaan
dari pusat pimpinan sampai yang senior.
Tugas komite penerapan 5R:
-menyediakan sarana promosi
kegiatan 5R
-memfasilitasi kegiatan pelatihan
bagi karyawan Shiny Books Shop
-koordinator TPS dalam penerapan
Ringkas
-membuat standarisasi dari
kegiatan 5R
-menginformasikan kepada seluruh
karyawan mengenai perkembangan dan penerapan 5R di Shiny Books Shop.
Setelah Shiny Books Shop
menerapkan 5R /5S di lingkup lingkungan kerja atau kantor kami juga akan
menerapkan kebijakan layanan yang harus diucapkan kepada para pengunjung atau
pelanggan yang datang dengan penerapan 3S dan merupakan kewajiban yang harus
dilaksanakan yaitu SENYUM-SAPA-SALAM (salam 3S)
WORK TOGETHER IS BETTER THAN OTHER
|
SHINY GROUP..
Terimakasih kpd Dosen dan
pembimbing kami :
Bapak..Nur Agustinus
siip Mbk Nick
BalasHapustahnk you Lia Cantika....
Hapusjlimet tenan, tapi hasil nya jitu
Hapusritel is detail jadi jlemet setengah mati xixixi Yanimoon...perlu belajar lagi dan lagi lagi saya...yuk belajar bersama.... :)
HapusBagus Mbak Nick dan komplit .Semoga terwujud apa yang dicita-citakan.Aamiin.
BalasHapusmakasih Misi Giardi...soal photonya belum publik tapi keterangan sudah di mengerti kan? yuk,,,belajar bersama lagi....kayao..
Hapus