Rabu, 30 Januari 2013

Penerapan Budaya 5R

Arti dan makna Budaya 5R

5R Kaizen yaitu perbaikan lingkungan kerja dan produktivitas karyawan



Kaizen adalah bahasa Jepang yang berarti : Kai yaitu artinya perubahan atau perbaikan dan Zen artinya baik.
Jadi Kaizen adalah merupakan pengembangan,produktivitas,kwalitas,tehnologi,proses produksi,budaya kerja,keamanan kerja dan kepemimpinan yang dilakukan secara terus menerus.
Metode dan cara 5S atau 5R ini banyak di gunakan oleh suatu perusahaan untuk melakukan perubahan dan perbaikan yaitu dengan menerapkan sistem 5R.
Di Jepang  penerapan sistem ini sudah banyak di gunakan dan di terapkan di sebut 5S dan di Indonesia di sebut 5R ,artinya adalah :
1.Seiri = Ringkas
2.Seiton = Rapi
3.Seiso = Resik
4.Seiketsu = Rawat
5.Shitsuke = Rajin

Manfaat 5S atau 5R yaitu :
* Peningkatan produksi tanpa menambah area kerja
* Produktivitas SDM semakin meningkat
* Lingkungan kerja lebih,aman,nyaman,dan bekerja lebih cepat
* Penghematan yang ada dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja
Dengan adanya 5S/5R para pekerja akan merasa lebih nyaman,produktif,efisien,dan sejahtera

Bersambung.............



Artikel rencana penerapan budaya 5R di bidang ritel

 SHINY BOOKS SHOP


5S atau 5R adalah pemanfaatan tempat kerja yang mencakup peralatan dokumen,bangunan dan ruangan untuk melatih kebiasaan para pekerja dalam usaha meningkatkan disiplin kerja.
Sistem manajemen tata graha (good house keeping management) yang akan kami lakukan dalam mengelola toko buku (gudang,tempat merokok,toilet ,parkir dan area pendukung lain seperti fasilitas publik)
Tempat kerja yang bersih,rapi,aman dan nyaman yang akan menghasilkan produk dengan kualitas tinggi,penekanan biaya,penyelesaian tepat waktu,safety terjamin,moral tinggi dan lingkungan terjamin.
Jelasnya bahwa 5S adalah perangkat yang dapat meningkatkan mutu produk dan tempat kerja.Namun demikian,proses ini tidak mudah untuk diterapkan serta harus membutuhan usaha yang sungguh-sungguh serta komitmen dari seluruh staf dan manajemen,jika tidak mematuhi aturan hasilnya akan tidak memuaskan dan kita akan kembali dengan kebiasaan yang lama.

Di sini SHINY BOOKS SHOP akan mencoba menerapkan konsep 5S atau 5R
Tahap IMPLEMENTASI 5S atau 5R:
Ringkas/Seiri/Sort
Rapi/Seiton/Straighten
Resik/Seisou/Sweep or Shine
Rawat/Seiketsu/Standardize
Rajin/Shitsuke/Self discipline

1.5S /5R yang aktif (persiapan)
2.5S/5R yang efektif (pembudayaan)
3.5S/5R tingkat lanjut (pencegahan)

Tahap 1
1.Ringkas
 yaitu membuang barang yang tidak diperlukan
-barang yang rusak/dibuang
-stok mati/dibuang
-stok tidur/dipindahkan ke tempat penyimpanan (gudang)
-bahan-bahan sisa
2.Rapi
-membenahi tempat penyimpanan barang dan lainya dan mengatur tata letak peralatan kerja.
3.Resik
- mengatur prosedur kebersihan harian,termasuk penanggung jawabnya.
4.Rawat
- mempertahankan dan menindak lanjuti dari ketiga langkah diatas (ringkas,rapi,resik) serta pemeriksaan di lapangan.
5.Rajin
- kebiasaan disiplin
-mengendalikan visual kerja
-menerima kritik dan saran atas pelaksanaan dari 4 hal diatas(ringkas,rapi,resik,rawat)
-pemasangan slogan-slogan
-menuju terciptanya suatu kebiasaan yang rajin yang pada akhirnya akan menjadi budaya

Tahap 2
1.Ringkas = mengendalikan tingkat persediaan barang
2.Rapi =memudahkan pengunaan dan pengembalian barang
3.Resik=membudayakan kebersihan dan pemeriksaan minimal 5 menit setiap hari
4.Rawat=memperhatikan tempat kerja yang resik
5.Rajin=mempertahankan rawat di toko

Tahap 3
1.Ringkas pencegahanya menghindari barang yang tidak diperlukan
2.Rapi pencegahanya menghindari ketidak rapian di ruang toko
3.Resik pencegahan membersihkan tanpa mengkotori lagi
4.Rawat pencegahanya mencegah penurunan kondisi lingkungan
5.Rajin pencegahanya mensistematika pelatihan terhadap karyawan

Jadi kesimpulan tujuan masing-masing,
1.Ringkas=biaya/cost
2.Rapi=proses delivery
3.Resik=quality dan safety
4.Rawat=sistem dan standart
5.Rajin=budaya dan sikap

                                  SHINY BOOKS SHOP

   Shinta Jue
  Tialamora
       Nia st
      Adyma
 Nick Manggo


Cara membangun dan memelihara sebuah lingkungan yang bermutu,sekelompok cara-cara untuk memajukan organisasi tempat kerja (GENBA),menjamin kesesuaiannya dengan Standar yang ada dan memelihara semangat untuk melakukan improvement yang berkesinambungan (KAIZEN)di dalam wilayah SHINY BOOKS SHOP.

1.RINGKAS-SEIRI-SHORT


 Dengan menerapkan konsep Ringkas  maka Shiny Book Shop hanya menampilkan barang- barang yang di perlukan saja di ruangan toko.
Seperti  hanya menata buku sesuai kapasitas rak dan jenis buku , kelebihan buku dengan jenis yang ada di dalam rak buku di simpan dalam gudang khusus yang menyimpan pembukuan .Untuk menekan pembelanjaan buku yang kurang laku di jual Shiny Book Shoop memberi tanda- tanda pada bagian rak buku sehingga lebih mudah mengetahui buku-buku jenis apa saja yang banyak di minati dan buku jenis apa saja yang kurang di minati dengan pemberian tanda tersebut akan lebih mudah mengontrol anggaran pembelanjaan sehingga kita tidak perlu menggunakan waktu lama dalam hal pengecekan ,`untuk melakukan strategi kenyamanan pengunjung Shiny Books Shop pun menyediakan kursi panjang kecil yang berwarna hijau pada gambar di bawah ,yang di letakkan di samping rak buku , ini berfungsi mengatur pembeli yang ingin membaca buku  yang akan di belinya  lebih lama untuk duduk di kursi yang telah di sediakan tanpa harus duduk di lantai atau berdiri lama di depan rak buku , di bagian buku yang berkaitan dengan dunia anak-anak di sediakan kursi lebih banyak dan hanya menempatkan satu meja saja ,penambahan kursi dan penempatan satu meja yang di beri  warna kuning pada gambar di bawah adalah berfungsi untuk menyiasati keributan karena rebutan kursi yang sering di lakukan anak-anak , dengan memberi penambahan kursi maka kegaduhan dalam toko bisa di siasati.Di dalam toko  di letakan 2 rak buku lipat yang di beri warna biru pada gambar , rak lipat ini sewaktu -waktu kalau tidak di gunakan bisa di simpan dalam gudang ,fungsi rak lipat ini  tempat menaruh buku atau kartu ucapan pada waktu- waktu tertentu , misalkan kartu ucapan hari raya atau  yang lainnya,Shiny Book Shop hanya  membuat 2 kasir yang selalu di fungsikan untuk melayani di dalam gambar di beri warna orange , di samping  kanan dan kiri meja kasir di letakan keranjang  yang di beri warna merah, ini memudah kan pembeli untuk meletakan kembali keranjang yang telah di gunakannya sehingga keranjang tidak berderet di mana- mana. Untuk mengurangi tempelan di dinding- dinding  sebagai tujuan promosi maka Shiny Book Shop menyediakan satu tempat khusus dinding yang  di buat dari papan untuk tempat melakukan promosi  yang di letak kan di bagian depan toko ,Untuk memudahkan pembeli ketika mencari jenis buku yang akan di belinya maka Shiny Book Shop  tidak membuat denah sebagai petunjuk rak-rak dengan jenis buku yang di jual tetapi Shiny Book Shop membuat logo yang di gantung di atas rak buku ,misalkan untuk buku pelajaran TK dan SD di atas rak itu akan di gantungkan foto anak berseragam Tk dan SD  yang sedang membaca buku atau untuk kamus bahasa asing di atasnya akan di beri gambar berbagai bendera negara lain selain tulisan kata KAMUS di atas rak tersebut , sehingga dalam jarak yang jauh para pembeli bisa dengan mudah mengetahui di mana letak rak buku yang akan mereka cari tanpa harus bertanya kepada karyawan toko, untuk meringkas barang- barang yang jarang di gunakan , seperti alat -alat dekorasi untuk menciptakan nuansa -nuansa tertentu , seperti nuansa hari raya di buat dekorasi yang menghias ruangan toko maka alat-alat itu di simpan dalam gudang , Shiny Book Shop memiliki 2 gudang yang bisa di gunakan untuk menyimpan barang sesuai jenisnya , dalam gambar ada huruf A dan B , itu merupakan gudang, gudang A tempat barang yang berjenis kertas , seperti buku , dokumen dan map.Gudang ini pun merupakan tempat serbaguna yang bisa di gunakan untuk tempat berkumpul para karyawan saat melakukan meeting tentang perkembangan toko atau juga sebagai tempat ganti pakaian yang mana ruangan itu di lengkapi dengan lemari kecil yang bisa di gunakan sebagai meja saat para karyawan berkumpul untuk menyampaikan ide-ide mereka. ,Gudang B merupakan tempat penyimpanan alat-alat lain , seperti tangga , atau alat-alat kebersihan lainnya gudang B di buat agak besar dengan tujuan bisa menampung barang lebih banyak agar barang -barang yang berukuran besar bisa masuk semua tanpa harus di letakan di luar yang bisa membuat ruangan toko terkesan lebih sempit.. Shiny Book Shop juga  memiliki 2 toilet untuk pria dan wanita , sedangkan untuk anak -anak di satukan dengan toilet wanita karena umumnya anak-anak kalau pergi ke toilet di antar oleh ibunya.

Gambar Tata Letak Ruang  SHINY BOOK SHOP


 sebelum
 Shiny Books Shop tata ruang sangat         berantakan
setelah
Shiny Books Shop tata ruang sangat bersih dan rapi


2.RAPI-SEITON-STRAIGHTEN
       
Merapikan dan menata barang yang ada di dalam toko ‘SHINY BOOKS SHOP’.
Barang yang akan dikerjakan kami tata rapi sesuai tempatnya,misalnya tempat buku-buku  tentang cerita untuk anak,buku tata boga,buku kurikulum atau pelajaran sekolah,buku arsitektur,novel dan buku-buku lain sesuai tempat dan rak yang telah tersedia.
-Barang yang baru datang yang tidak atau belum dikerjakan harus kami jauhkan dari tempat kerja,tetapi masih ada di dalam wilayah toko atau di taruh di dalam gudang terlebih dahulu
-Untuk buku pesanan yang minta di antarkan, Shiny Book Shop  menata buku sesuai waktu pengantaran,misalkan buku yang harus di antar minggu ini di satukan dengan buku yang akan di antarkan dalam minggu ini juga yang telah di tata rapi dalam gudang sehingga akan lebih mudah mengetahui buku mana yang harus di antar terlebih dahulu dan berapa banyak jumlah buku yang harus di antarkan ,contoh penataan buku yang harus di antarkan berdasarkan waktu ,


                       TPS 

                   TEMPAT                                PENYIMPANAN SEMENTARA
Nama barang :tempat TPS
Waktu             :tgl/bln/thn


-Memberi nama atau label buku dan mengatur tata letak buku yang sesuai dengan tempatnya,misalnya label merah untuk buku yang rusak,label kuning untuk buku yg baru datang,label biru untuk buku yg siap di pasarkan.
 Shiny Book Shop mewajibkan setiap karyawannya untuk menggunakan seragam  dan  memakai sepatu warna hitam saat berada dalam toko atau saat bekerja
- Bagi karyawan yang tidak mengenakan kerudung  di wajibkan untuk mengikat rapih rambutnya
- Setiap waktu sambil mengawasi pembeli karyawan di beri kewajiban untuk mengecek keadaan buku,apakah ada sampul yang robek ataukah ada buku yang susunannya terbalik,atau juga ada buku yg berjudul lain berada di judul yg berbeda contoh:buku tata boga berada dalam susunan rak buku cerita anak atau sebaliknya buku cerita anak berada dalam susunan rak tata boga.
- Selalu mengecek kursi- kursi yang di sediakan untuk pembeli ,apakah posisinya menghalangi jalan,sehingga akan menghalangi pembeli untuk masuk ke dalam toko kita.
Dan untuk bagian gudang Shiny Book Shop menempatkan lemari besi panjang tanpa pintu yang bersusun untuk menaruh alat- alat  yang  sering di gunakan, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

    
- Meletakan tempat sampah pada bagian pinggir pintu masuk,agar para pengunjung yang membawa  sampah secara tidak sengaja dapat membuangnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam toko , contoh: membuang terlebih dahulu tisu yang dari tadi di pegang bekas mengelap keringat atau mengelap sisa makanan tanpa harus membawa masuk kedalam toko.
seperti gambar di bawah ini:

- Untuk penataan AC dan kipas angin di tempatkan di dinding tembok yang strategis agar berfungsi dengan baik dan tidak mengganggu pemandangan penataan rak buku.
- Pada bagian dinding khusus promosi di buat penutup dari kaca agar kertas yang di tempelkan untuk tujuan promosi agar tidak terbang karena tertiup angin .
- Pada bagian-bagian toilet  di buat ruangan yang tertata rapi,antara ruang kloset dan tempat cuci tangan ada jarak yang cukup luas,serta di bagian atas tempat cuci tangan di pajang kaca yang pinggir- pinggirnya di buat hiasan bunga dari plastik yg kami rangkai atau kreasi kami sendiri yang di buat seunik mungkin.
-toilet yang bersih dan rapi, akan membuat pelanggan datang lagi karena merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan yang ramah dari kami semua karyawan “Shiny Books Shop”

               Gambar Kerapian rak buku di Shiny books shop

-Buku-buku di susun dengan rapi dalam rak-rak sesuai dengan jenisnya.Antara setiap rak di beri jarak cukup lebar,yang membuat pengunjung bisa leluasa mencari buku,tanpa harus berdesak-desakan.
-Rak-rak buku yang di desain sedemikian menarik dengan susunan rak tidak terlalu tinggi,sehingga bisa di jangkau oleh anak-anak.Buku-buku yang yang di sediakan dalam berbagai ragam dan bentuk pasti sangat di sukai anak-anak.






















3.RESIK-SEISO-SWEEP OR SHINE

 Membersihkan area kerja dari debu,kotoran dan elemen asing lainnya dari tempat kerja sehingga terlihat bersih di setiap jengkalnya.
misalnya menyapu,mengepel,mengelap,mengecat,dan kegiatan pembersihan yang lainnya.Pembersihan di sini kami utamakan sebagai pemeriksaan terhadap kebersihan dan menciptakan tempat kerja dan toko selalu dalam keadaan bersih tanpa cacat dan cela,untuk memuaskan  rasa aman dan nyaman kepada setiap pengunjung atau pelanggan yang datang.
  
 Dalam membersihkan toko kami awali sebelum buka toko dan sesudah buka toko(Open/close door) ,dengan cara berbagi tugas harian dan kerja bersama dalam 1 minggu sekali gotong royong

JADWAL TUGAS
Semua jadwal tugas ini dilakukan sebelum toko buka dan setelah toko tutup

Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum at
Sabtu
Nia & tia
Anik & Shinta
Tia & Adhima
Shinta & Anik
Adhima & Nia
semua karyawan
ruang toko
meja&kursi
ruang kantor
laci dan rak buku-buku
lantai toko
toilet


pintu toko
kaca jendela
pintu
meja kasir
kursi-kursi
lantai toko
toilet
hiasan dinding
buku-buku
keranjang
rak &meja
lantai toko
toilet
pagar depan
ruang baca
ruang tunggu
meja baca
rak buku
lantai toko
toilet
kaca jendela
TPS
boks buku
kardus
sampah
lantai toko
toilet
toko,kantor
dan barang yang datang dan pergi
atau jadwal delivery








 Kebersihan toko selalu terjaga tiap hari  dan yang paling utama adalah kebersihan yang higienis.
Untuk menghindari debu bertebaran dalam ruangan toko , kami dalam menyapu ruangan tidak mengunakan sapu namun mengunakan vaccum cleaner dan untuk menghindari debu atau pasir masuk terbawa sepatu atau sandal dari pembeli kami meletakkan keset di depan pintu  masuk dan berusaha untuk selalu memastikan keadaan  pintu  tertutup .Mengelap semua perabotan sebelum menyapu dan mengepel lantai , semua perabotan di lap dengan kain basah dan di keringkan, sebagian perabotan ada yang terbuat dari kayu  di lap mengunakan furniture polish. Dan untuk buku- buku cukup menggunakan simpel cleaning dengan kain kering   untuk membersihkannya, setelah selesai mengelap dari bagian sudut kesudut dan mengecek semua rak dan perabotan sudah rapi dan bersih , baru membersihkan lantai  dengan vaccum dan mengepel mengunakan multi puspose disinfectant cleaner atau detol        guna menjaga lantai bebas dari kuman,di setiap sela- sela jam istirahat kami selalu mewajibkan kebersihan 5 menit  di tempat kami saat itu berdiri , misal 10 menit lagi istirahat , 5 menit itu di gunakan untuk mengecek area tempat terakhir karyawan berdiri ,Ini merupakan kegiatan wajib yang rutin di lakukan.
Toilet dan gudang merupakan tempat terpenting lainnya yang harus di perhatikan kebersihannya ;ruangan toilet di bersihkan setiap pagi mulai dari atas kebawah,toilet di bersihkan dengan  liquit toilet cleaner ,dan jeef ,dan menyediakan liquit cuci tangan dan tisu di tempat cuci tangan,guna cuci tangan sehabis ke toilet.
setiap karyawan yang telah menggunakan toilet tersebut berkewajiban membersihkan dan mengecek persediaan tisu , melihat tempat sampah  , kalau penuh secara sukarela setiap karyawan yang pertama kali melihatnya harus membuang sampah yang ada,setiap pagi ada 1 karyawan tugas membersihkan gudang mengecek segalanya dari atap ada yang bocor atau tidak .mengecek dari sudut kesudut dan juga melihat stok dagangan  yang habis atau yang tersisa, dan stok yang lama harus di taruh di bagian atas atau depan supaya mudah untuk mengambilnya.
Di bagian gudang pun demikian setiap karyawan yang masuk ke gudang harus memperhatikan keadaan barang-barang sekelilingnya apakah ada yang terlihat berantakan seperti posisi tumpukan kardus yang miring dan hampir jatuh untuk segera di rapikan. selama karyawan ada di ruangan toko wajib bertanggung jawab atas apa yang ada . jadi kita semua harus ber inisiatif sendiri tanpa harus satu sama yang lain karyawan memerintah kita, kebersihan,kerapian dalam toko shiny adalah tanggung jawab semua karyawan yang ada.bersih,rapi dan unik dalam kerapian toko adalah keutamaan untuk mengundang para costumer. maka toko  shiny selalu memperioritaskan hal kebersihan dan menerapkan 5R dalam toko shiny                                                                                                                                                                    

Gambar toiler toko shiny yang bersih dan rapi

Karyawan shiny shop membersihkan toilet secara teratur .supaya bakteri dan kuman tidak akan tumbuh dan berkembang di toilet , sehingga pembeli yang datang ketoilet merasa nyaman . untuk menjaga kebersihan toilet dari bau tidak sedap shiny shop membuat ventilasi sehingga udara yang terkontaminasi tersebut dapat keluar melalui ventilasi .sehingga udara terus berganti.  juga menyediakan
 Air bersih
shiny shop juga menyediakan air bersih yang cukup,sebab tanpa cukup air tidak akan terbuang secara menyeluruh saat kita siram,
Tisu dan sabun
juga selalu di sediakan di toilet .supaya setelah selesai di toilet tetap bersih.




                                                                           
 

Gambar membersihkn lantai shiny shop sangat menjaga kebersihan lantai. menyapu dan mengepel tugas rutin setiap mau buka toko  dan tutup toko.
    
satu karyawan shiny shop bersemangat  dan rajin sekali mengepel lantai, guna lantai bebas dari kuman, lantai yang bersih dan  ruangan toko rapi membuat  sang custumer kerasan berada di toko  guna membeli buku ,








4.RAWAT-SEIKETSU-STANDARIZE

 Pada prinsipnya kami akan mengusahakan agar tempat kerja yang sudah menjadi baik dapat selalu terpelihara,di tempat kerja yang terawat,kerawanan serta penyimpangan dapat segera terkendali,sehingga berbagai masalah dapat tercegah sedini mungkin.
-peminjam barang tidak mengembalikan di tempat semula
-perlakuan yang salah terhadap barang sehingga menjadi cacat
-pelanggan memilih milih barang dengan kasar yang membuat barang berantakan
-semua orang yang datang memperoleh informasi yang dibutuhkan di tempat kerja tepat
waktu
- setiap anggota  / karyawan wajib mengembalikan barang yang mereka ambil ke tempat semula seperti bolpoin , tanda pembelian barang serta barang-barang lainnya.
Standarisasi dilakukan untuk menetapkan prosedur yang nantinya di ikuti dan di terapkan oleh seluruh tenaga kerja.Peraturan ini bisa berupa jenis barang yang boleh dibuang dan cara membuangnya,dimana dan bagaimana menyimpan buku-buku terutama yang baru datang serta bagaimana  cara menaruhnya dan menyimpannya kembali setelah digunakannya,kapan dan bagaimana yang baik melakukan pembersihan tempat kerja dan siapa yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.
Untuk menghindari kelalaian dalam bekerja ,setiap karyawan di larang bermain handphone ketika jam kerja berlangsung.Karena bisa berdampak tidak baik untuk semuanya.Dan juga bisa tidak boleh makan atau mengunyah permen karet dalam jam kerja.Setiap karyawan wajib menyapa pelanggan dengan ucapan selamat datang dan mengucapkan terima kasih setiap pelanggan meningalkan toko,selalu memasang wajah ceria dan tersenyum.
Penampilan para officer, karyawan, staff serta satpam yang standard  dan profesional akan memberikan brand image yang membedakan satu toko dengan toko lainnya.Termasuk bentuk fisik gedung,neon sign,layout,design logo toko merupakan bagian budaya toko yang harus dievaluasi terus menerus dan dilakukan perbaikan.Shiny Books Shop semaksimal mungkin akan melaksanakan dan melestarikan standar di segala bidang baik di seri / ringkas ,rapi /seiton ,resik / seiso.Dengan melestarikan dan merawat yang mencakup hal 5R di atas untuk menghindari ketidak pastian atau  tidak sesuai   dengan budaya seluruh karyawan. Hal ini supaya seluruh karyawan tanpa kecuali mampu melaksanakan ringkas ,rapi dan resik.Untuk mencegah penurunan kondisi lingkungan di Shiny Books Shop.untuk itu seluruh karyawan memiliki komitmen dalam diri sendiri yakni menjaga kebersihan diri sendiri, lingkungan toko baik gudang atau pun toilet dan mematuhi 5R sebelum nya ,  itu semua bertujuan untuk merawat dan menjaga lingkungan toko yang ringkas, bersih ,rapi . Dengan begitu terciptalah suasana kerja yang aman ,nyaman, jauh dari kotoran ,debu atau pun kuman penyakit .Seluruh karyawan tanpa terkecuali semua mempunyai semangat kerja yang tinggi pada akhir nya akan meningkat kan produktivitas di Shiny Books Shop.


Gambar diagram kondisi lingkungan Shiny Shop Books
Dengan menerapkan 5R dan  mempertahankan tempat kerja yang resik  akan mencegah penurunan kondisi lingkungan di tempat kerja.Jadi inti /dasar dari 5R adalah Ringkas,Rapi,dan Resik,sedangkan Rawat dan Rajin adalah proses pengendalian dan tindak lanjut dari ketiga hal tersebut diatas.
Dalam pelaksanaan 5R di Shiny Books Shop di kantor maupun di lapangan,kami menggunakan tahapan sikap kerja yang :
a.Dipaksa (manusia pada dasarnya malas)
b.Terpaksa(kendali dengan sistem)
c.Bisa(proses pembelajaran sampai tahu)
d.Biasa(sikap yang termotivasi)
e.Budaya(perilaku yang mengarah pada belief)









5.RAJIN-SHITSUKE-SELF-DISCIPLINE

 Di wilayah tempat kerja kami  SHINY BOOKS SHOP akan kami terapkan suatu Kebijakan Manajemen dengan tujuan agar setiap karyawan terbiasa untuk membina disiplin diri.
Dengan 5R kami mempunyai dasar dalam membangun industri yang mampu bersaing dan mewujudkan cita-cita untuk mempunyai perusahaan yang lebih baik dari segi mutu produk dan pelayanan (better quality),pengiriman produk atau pelayanan yang tepat waktu(faster delivery) dan operasional berbiaya rendah(cost effective),untuk mencapai hal tersebut harus ditopang dengan adanya pondasi yang kokoh dan kuat yaitu Budaya Kerja Disiplin 5R.


 

Gambar.Budaya Disipline 5R :hubungan yang harmonis antara manusia yang berjiwa(kaizen) terhadap Tempat kerja(Genba)
Kebijakan Manajemen :
-Karyawan wajib menerapkan 5R tanpa adanya pengecualian yang telah bekerja di toko ini
-Tempat dan waktu istirahat telah ditetapkan dan karyawan boleh memilih tempat dan area seperti waktu istirahat untuk keadaan yang khusus,larangan merokok,penggunaan fasilitas facebook,handphone di dalam toko
-Tidak ada lembur untuk kegiatan 5R
-Kegiatan audit 5R dan patroli 5R
-Adanya kegiatan tahunan untuk penghargaan dan hadiah kepada area terbaik /area pencapain peningkatan tertinggi

Kebijakan bagi Pelanggan :
-Keluhan pelanggan serta kritik pelanggan  akan selalu kami perhatikan untuk memperbaiki tata cara kerja dan disiplin diri untuk melayani pelanggan dengan sebaik baiknya.
-Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan bersikap ramah dan selalu memperhatikan keinginan pelanggan.
-Menyingkapkan informasi

Manfaat dengan melaksanakan program 5R di tempat kerja kami baik itu dalam jangka pendek ataupun jangka panjang adalah sebagai berikut ;
1.Zero waste = mengurangi biaya dan efisiensi akan meningkat.
2.Zero injure = keselamatan kerja lebih baik
3.Zero breakdown = pemeliharaan lebih baik.
4.Zero defect = kualitas lebih baik.
5.Zero set up time = tidak ada waktu yang terbuang.
6.Zero late delivery = dapat memenuhi permintaan atau pesanan pelanggan tepat waktu.
7.Zero defisit = perusahaan ShinyBooks Shop akan lebih maju.

Struktur Organisasi SHINY BOOKS SHOP


 ADMINISTRATOR
                                     
                                                          
Officer Penerapan 5R


                         PROMOTOR
                     PROMOTOR

LEADER
LEADER
LEADER
LEADER

      LEADER
    LEADER
   LEADER
  LEADER
 LEADER

1.Direktur atau plan manager
2.Promotor atau karyawan setingkat manager
3.Leader atau karyawan setingkat supervisor

Officer penerapan 5R  ini harus selalu ada dan dijalankan oleh beberapa orang dari para pusat pimpinan,melibatkan orang dari tim perusahaan dari pusat pimpinan sampai yang senior.
Tugas komite penerapan 5R:
-menyediakan sarana promosi kegiatan 5R
-memfasilitasi kegiatan pelatihan bagi karyawan Shiny Books Shop
-koordinator TPS dalam penerapan Ringkas
-membuat standarisasi dari kegiatan 5R
-menginformasikan kepada seluruh karyawan mengenai perkembangan dan penerapan 5R di Shiny Books Shop.

Setelah Shiny Books Shop menerapkan 5R /5S di lingkup lingkungan kerja atau kantor kami juga akan menerapkan kebijakan layanan yang harus diucapkan kepada para pengunjung atau pelanggan yang datang dengan penerapan 3S dan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu SENYUM-SAPA-SALAM (salam 3S)




   WORK TOGETHER IS BETTER THAN OTHER






SHINY GROUP..

Terimakasih kpd Dosen dan pembimbing kami :

Bapak..Nur Agustinus


6 komentar:

  1. Balasan
    1. jlimet tenan, tapi hasil nya jitu

      Hapus
    2. ritel is detail jadi jlemet setengah mati xixixi Yanimoon...perlu belajar lagi dan lagi lagi saya...yuk belajar bersama.... :)

      Hapus
  2. Bagus Mbak Nick dan komplit .Semoga terwujud apa yang dicita-citakan.Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Misi Giardi...soal photonya belum publik tapi keterangan sudah di mengerti kan? yuk,,,belajar bersama lagi....kayao..

      Hapus