Rabu, 30 Januari 2013

Analisis SWOT tugas Per Batch 1

IDE USAHA NICK MANGGO RAWON HOUSE

Perancangan
 Usaha Rumah Makan Nick Manggo Rawon House di Kota Tulung Agung.


Saya adalah seorang siswi pembelajaran jarak jauh Ritail yang ingin membuka usaha bisnis  Nick Manggo Rawon house di daerah kami yaitu tepatnya di
desa Kacangan,kecamatan Ngunut,Kabupaten Tulungagung.
Perkembangan bisnis usaha makanan merupakan salah satu bisnis usaha yang banyak di minati oleh masyarakat,karena makanan sebagai kebutuhan hidup yang terus di cari,apalagi makanan yang kita sajikan itu makanan yang sehat dan bergizi dan banyak di minati oleh banyak orang.Nick Manggo Rawon house yang ingin kami dirikan ini mempunyai banyak kekuatan yang mungkin dapat di jadikan suatu usaha yang cukup maksimal yaitu tempat yang strategis,makanan yang menspecialkan kuah dan sambel sebagai menu utama yang cukup banyak pengemarnya.Selain itu Nick manggo Rawon House selain menyediakan makanan juga menyediakan bahan-bahan masak untuk Rawon itu sendiri yang bisa di beli sebagai oleh-oleh atau take away.
Nick Manggo Rawon House selain kuah dan sambel yang beraneka juga di lengkapi dengan jeruk nipis bagi yang suka,kerupuk udang pilihan serta lauk pauk yang berprotein serta daging pilihan yang fresh.Kebersihan juga menjadi salah satu bagian terpenting Nick Manggo Rawon House kami,karena menurut kami kebesihan sebagian iman dan menyehatkan.Nick Manggo Rawon House yang menyajikan berbagai macam sambel dan aneka kuah serta lauk yang berprotein merupakan sasaran bagi anak-anak pelajar,mahasiswa,buruh tani,buruh bangunan,buruh pabrik,perkantoran,kecamatan,puskesmas dan masyarakat pecinta sambel dan Rawon dari berbagai daerah baik luar kota ataupun luar pulau,juga harga yang terjangkau untuk semua kalangan menengah kebawah.


A.Rencana Bisnis kami
Dalam perencananaan konsep bisnis usaha Nick Manggo Rawon House dalam system produksinya cabe di beli dari petani cabe,daging sapi di beli dari peternak sapi juga dari pasar sapi yang mempunyai kwalitas sapi sehat dan terbaik,kwalitas yang baik menjadi salah satu pilihan kami dengan didukung harga dan jarak tempuh yang murah dan mudah.Untuk lauk pauknya,telor asin kami peroleh dari peternak atau petani yang berkwalitas baik.
Proses pembuatan menu dan penyajiannya yang bersih dan menarik menjadi andalan Nick Manggo Rawon House kami.Begitu juga dengan harga yang sangat terjangkau dapat meringankan para pembeli khususnya pelajar dan mahasiswa.Untuk pemasarannya sendiri kita melakukan berbagai iklan seperti panflet,poster,radio,facebook seoerti Facebook Nick Manggo saat ini,dan mengunakan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut atau system Gethok Tular.Begitu juga di lengkapi dengan promo harga murah untuk menarik para konsumen yang datang ke Nick Manggo Rawon House.Usaha ini akan mengalami perkembangan dengan membuka cabang-cabang di berbagai daerah.Pengembangan teknis dan produksi akan kami lakukan dengan mengembangkan variasi menu dan penataan Lay Out agar para tamu tak akan bosan dengan suasana yang kami suguhkan,tanpa mengabaikan ritail is detailnya serta seni dalam penataannya,adanya toilet dan wastafel yang bersih serta tempat makan yang berada di luar restoran yang di bentuk sebagai taman.Operasional yang akan diterapkan di area service mengikuti pedoman Standart Operational Prosedure (SOP) yang pada umumnya diterapkan di rumah makan.Pengembangan manajemen personalia di lakukan dengan melakukan pembinaan kepada karyawan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola usaha sehingga terbentuk jiwa kewirausahaan yang kuat karena kami memilih karyawan bukan dari tingkat pendidikan tapi tingkat kemauan dan tekat untuk bekerja karena misi dan visi kami adalah membantu sesama.Pengembangan pada aspek keuangan kami akan melakukan dengan menerapkan analisis titik impas,prediksi pendapatan penjualan,perhitungan penetapan,harga jual menu,dan system pembukuan.

B.Lokasi Usaha kami.
Kabupaten Tulungagung adalah satu kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Timur,Indonesia.Tulungagung terkenal sebagai daerah Indutri satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, Wisata Alam,Wisata Budaya,dan Wisata Kuliner,yang terletak 154 km barat daya Kota Surabaya,ibu kota Propinsi Jawa Timur.
Pendirian Nick Manggo Rawon House berada di jalan Jambu SMP N 2 Ngunut di area pemukiman masyarakat,dekat dengan area perkantoran ,area sekolah ,serta area pasar.Estimasi atau perencanaan tamu yang akan datang ke Nick Manggo Rawon House ini diprediksikan dari jumlah penduduk di kelurahan Ngunut pada umumnya berjumlah 16.300 jiwa,siswa sekolah mulai dari SD,SMP,SMA yang ada di sekitar lokasi Nick Manggo Rawon House ini sekitar 24.200 jiwa,belum lagi tempat tidak jauh dari keramaian pasar.

Analisis PEST

Identifikasi peluang ,Ancaman,kekuatan dan Kelemahan Nick Manggo Rawon House,
Peluang dan Ancaman Nick Manggo Rawon House,
1.Peluang/Opportunities
Faktor peluang dan ancaman merupakan lingkungan ekternal Nick Manggo Rawon House yang keberadaanya tidak akan dapat dikendalikan dan harus mampu memanfaatkan peluang yang ada dan selalu siap untuk meantipasi ancaman di daerah lingkungan kami dan sekitarnya.
Faktor Eksternal :                       
1.Lingkungan Politik dan hukum
O1.keamanan lingkungan Kota Tulungagung yaitu peran Pemda kota Tulungagung terhadap industri pariwisata serta sarana pendukung yang terlihat melalui aturan dan perundang-perundangan yang jelas.Hal ini akan menciptakan kondisi lingkungan usaha yang aman dan terjamin.
2.Lingkungan social budaya demografi
O2.Pangsa pasar yang luas,yaitu dengan jumlah penduduk kota Tulungagung yang semakin tinggi merupakan peluang bagi restoran untuk mengembangkan pangsa pasar ke skala yang lebih luas.
O3. Perubahan gaya hidup masyarakat serta minat masyarakat terhadap kepraktisan serta perilaku belanja di mall atau toko-toko ,dan makan di luar rumah,hal ini akan mendorong pertumbuhan usaha restoran di kota Tulungagung.
O4.Event dan Exhibition Nick Manggo Rawon House adanya pasar malam,pasar bebas,dan bazar,kegiatan ini akan mampu mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar,sehingga berdampak pada peningkatan penjualan produk Nick Manggo Rawon House
3.Lingkungan Ekonomi
O5.Adanya peningkatan pendapatan daerah dan daya beli masyarakat.Pendapatan kota Tulungagung semakin tinggi,ini bisa digambarkan dari kesejahteraan rakyat yang semakin meningkat
O6. Meningkatnya daya beli masyarakat serta meningkatnya pendapatan masyarakat di kota Tulungagung yang mendorong usaha toko atau restoran di setiap daerah,mulai dari sector pertanian,perindustrian,listrik,gas dan air bersih serta banggunan..
4.Lingkungan Teknologi
O7.Adanya perkembangan kemajuan inovasi teknologi yang semakin pesat dan banyak dimanfaatkan oleh restoran untuk menciptakan keunggulan di bandingkan pesaingnya.Dengan adanya Teknologi yang cangih akan memudahkan suatu usaha untuk berkembang dengan cepat,bisa mengubah produk jasa,pasar,pesaing,pelanggan.Perubahan ini akan semakin membuat maju usaha Nick Manggo Rawon House,yang tidak hanya sebagai tempat makan ,tapi sebagai tempat berkumpul,ataupun nongkrong bareng,kami akan membuat pengunjung semakin nyaman dan merasa betah,misalnya kami akan memberi fasilitas internet hotspot,serta musik player.
5.Lingkungan Usaha Industri
2.Ancaman/Treats
T1.Adanya isu keracunan daging sapi yang pernah mengegerkan kota Tulungagung yang mempengaruhi kepercayaan konsumen akan keamanan dalam mengkomsumsi daging sapi.
T2.Maraknya isu flue burung juga mempengaruhidaya beli masyarakat untuk makan di luar rumah atau di restoran.
T3.Kenaikan harga makanan,yang akan menyebabkan kenaikan biaya produksi restoran,yang berdampak pada penurunan tingkat keuntungan dan pengurangan jumlah produksi di Nick Manggo Rawon House.
T4.Kelangkaan bahan bakar minyak tanah dan gas elpiji,akan menjadi suatu hambatan bagi kegiatan produksi restoran kami dan juga mengakibatkan kenaikan harga bahan bakar minyak dan elpiji.
T5.Tingat inflasi yang berfluktuasi yaitu tingkat inflasi dalam perekonomian di Indonesi yang berfluktuasi menimbulkan kondisi ketidakpastian,yang akan menyulitkan usaha restoran dalam mengembangkan usaha yang lebih besar.
T6.Persaingan tinggi,dengan peningkatan jumlah restoran dan rumah makan di kota Tulungagung yang semakin meningkat akan menciptakan lingkungan persaingan yang semakin kompetitif.
T7.Hambatan masuk industri sangat kecil,pendatang baru dalam industri restoran dengan sangat mudah mendapatkan akses untuk masuk dalam industri usaha.
T8.Produk subtitusi tersedia sangat banyak bagi Nick Manggo Rawon House ini yaitu toko tradisional dan restoran khas daerah kota Tulungagung JAVA FASTFOOD.
T9.Kekuatan tawar menawar konsumen sangat tinggi yaitu konsumen bebas memilih sesuai dengan kebutuhan tanpa ada biaya peralihan.
Faktor Internal
Kekuatan dan kelemahan Nick mango Rawon House,
Kekuatan/Strenghts ;
1.Manajemen dan SDM
S1. Nilai usaha dan konsep Nick Manggo Rawon House,yaitu konsep restoran khas daerah JAVA FASTFOOD,merupakan keunggulan dan keunikan yang semula biasa menjadi lebih lain dari konsep usaha sejenis lainnya.
S2.Standart operasional yang jelas dan terarah yang merupakan acuan bagi karyawan dalam bekerja nantinya dapat menjadi standart kualitas usaha Nick Manggo Rawon House.
S3.Budaya dan motto kerja yang unik Ceria dan tersenyum akan memacu semangat karyawan dalam bekerja.
S4.SDM yang berkualitas dan terlatih suatu bentuk tanggung jawab restoran terhadap pengembangan kwalitas para karyawan.
2.Pemasaran
S5.,Keunikan merk yaitu nilai usaha konsep Nick Manggo Rawon House khas daerah Java Fastfood merupakan keunggulan dan keunikan yang semula biasa menjadi lebih lain dari konsep usaha sejenis lainnya.
S6.Variasi produk serta menu yang kami sajikan sangat bervariasi yang memiliki kekhasan daerah kami juga memiliki ciri khas tersendiri dan kami akan memadukan gaya chef ala Hongkong,yaitu masakan daerah yang akan kami padukan dengan masakan Hongkong yang membuat masakan dan menu Nick Manggo Rawon House menjadi menu semi oriental.
S7.Lokasi Nick Manggo Rawon House sangat strategis dan mudah terjangkau,lokasi tempat ada di antara pojok kota Tulungagung tepatnya di kecamatan Ngunut selatan SMP N 2 Ngunut.
S8.Strategi penetapan harga,yang secara psikologis melalui proses planning produk menjadikan Nick Manggo Rawon House sebagai rumah makan keluarga yang memiliki daya tarik dari segi harga yang sangat terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.
3.Produk dan operasi,
S9.Pengelolaan barang dan bahan baku yang berkualitas yang mencakup pemesanan,penyimpanan,dan pengelolaannya akan kami lakukan dengan propesional.
4.Keuangan,
S10. keterjaminan modal dan sumber keuangan modal yang kami butuhkan kira-kira sebesar Rp 80.000.000,00 akan diperoleh dari milik sendiri Rp 70.000.000,00 dan sisanya akan kami peroleh dari pinjaman bank Mandiri sebesar Rp 10.000.000,00 tapi masih dalam tahap perencanaan.
5.Teknologi

Kelemahan/Weakness
W1.Belum memiliki sertifikat halal MUI,walaupun bukan merupakan keharusan tapi dengan adanya sertifikat halal adalah salah satu bentuk tanggung jawab sebagai jaminan keamanan komsumsi produk yang ada di Nick Manggo Rawon House ini.
W2.Kegiatan promosi kami kurang gencar,karena belom meluas di seluruh kota Tulungaung dan masih konsentrasi dengan Nick Manggo Rawon House kami .
W3.Layanan distribusi produk yang kami lakukan masih kurang karena produk ke konsumen terbatas dan kurang meluas.
W4.Pencapaian target pendapatan yang belom stabil,karena tingkat persaingan yang tinggi akan mempengaruhi kemampuan untuk mencapai target,yang akan berakibat pendapatan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
W5.Pengelolaan situs web site yang belom optimal,banyaknya informasi yang belom tersedia sehingga pemanfaatanya masih kurang.
Analisis Matriks SWOT
Berdasarkan identifikasi factor lingkungan Eksternal dan Internal Nick Manggo Rawon House,mempunyai 8 macam strategi yang kini dikelompokan menjadi 4 yaitu,strategi S-O,Strategi S-T,Strategi W-O dan Strategi W-T.
Strategi S-O
1.       Strategi SO-1,kami akan membuka outlet baru di pusat perbelanjaan lain di kota Tulungagung.Dengan adanya kualitas SDM serta keterjaminan modal keuangan yang akan menjadi kekuatan Nick mango Rawon House untuk memperluas pangsa pasar,dengan semakin pesatnya pertumbuhan pusat belanja di kota Tulungagung.
2.       Strategi SO-2,Nick Manggo Rawon House akan mensponsori event atau exhibition di kota Tulungagung,dan ini merupakan peluang besar untuk menarik konsumen lebih banyak dan salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan serta sebagai upaya promosi yang efektif.                          
Strategi W-O
1.       Strategi WO-1,kami akan menyediakan layanan pesan antar dan paket hemat,menu khusus,strategi ini tujuannya untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan lebih praktis.Adanya penyediaan paket khusus sebagai upaya difersifikasi produk,misalnya paket hemat porsi,paket untuk anak-anak,paket hari raya dan lainya.
2.       Strategi WO-2,Nick Manggo Rawon House akan mengoptimalakan promosi melalui iklan dan media dan website,strategi ini merupakan upaya promosi yang sebaiknya kami lakukan intensif ,misalnya pemasangan spanduk,billboard,gethok tular,facebook,serta mengoptimalakan fungsi website dalam memberikan informasi bagi konsumen.
Strategi S-T
1.       Strategi ST-1, yaitu mempertahankan strategi penetapan harga,target pasar Nick Manggo Rawon House adalah konsumen dari golongan menengah kebawah dan keatas.(lihat di S8,S10,T2,T3,T4)
2.       Strategi ST-2, untuk menjaga hubungan baik dengan pemasok untuk menjaga kualitas bahan baku yang merupakan kunci kualitas dan produk yang kami hasilkan sesuai dengan SOP.(lihat di S9,S10,T2,T3)
3.       Strategi ST-3,untuk menjaga kualitas produk makanan serta pelayanan konsumen,tujuannya untuk mempertahankan loyalitas konsumen,produk yang bermutu dan pelayanan yang memuaskan ini akan membuat konsumen merasa nyaman,aman dan tenang dengan suasana di Nick Manggo Rawon House.(lihat di S1,S2,S4,S9,T1,T5,T8)
Strategi WT,
Dengan evaluasi strategi WT ini dapat dilakukan secara berkala oleh pihak manajemen,misalnya secara bulanan,yang di harapkan pihak manajemen akan mampu senantiasa melakukan perbaikan,kelemahan dan kekurangan restoran secara kontinu serta strategi ini sangat membantu untuk mengenali kondisi lingkungan eksternal,internal serta kondisi persaingan yang ada di sekitar Nick mango Rawon House.
Strategi WT ini untuk melakukan evaluasi dan kajian kemampuan Nick Manggo Rawon House dalam menghadapi persaingan (lihat di W1,W5,W7,T5,T7,T8)

Bauran Perencanaan Lokasi dan konsep Restoran Nick Manggo Rawon House,
Gambar 1.Papan nama restoran (Strategi Promosi)
Gambar2.Produk yang berkualitas dan porsi atau ukuran (Strategi Produk)
Gambar 3. Suasana tempat makan di taman yang nyaman dan kebersihannya(strategi tempat makan)
Gambar4.Lokasi yang sangat strategis dan area parker yang nyaman (Strategi tempat)
Gambar 5.kecepatan dalam pelayanan(Strategi Orang)
Gambar 6.wastafel dan kamar mandi tempat cuci tangan(Strategi bukti fisik)
Gambar 7.Denah Lokasi perencanaan Nick Manggo Rawon House.(lahan milik pribadi)
Gambar warna hijau adalah rencana tempat lokasi usaha.
Gambar kuning adalah area pasar,
Gambar pink adalah area toko ,ruko,hair salon.

Dengan semua analisa lokasi dan metode SWOT yang kami lakukan untuk memulai usaha restoran Nick Manggo Rawon House ini,semoga bisa kami lakukan dengan baik berdasarkan analisa kami dari pembelajaran jarak jauh dari Universitas Ciputra. amin.

Di susun oleh:
Anik Hernawati,
2012/7/1,
Perancangan Usaha Rumah Makan Nick Manggo Rawon House.
Tugas minggu ketiga,Program Distance Learning UC.

Pembimbing: 
 Bapak.Nur Agustinus.












   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar