Perancangan
Usaha Rumah Makan Nick Manggo Rawon House di Kota Tulung Agung.
Usaha Rumah Makan Nick Manggo Rawon House di Kota Tulung Agung.
Saya
adalah seorang siswi pembelajaran jarak jauh Ritail yang ingin membuka usaha
bisnis Nick Manggo Rawon house di daerah
kami yaitu tepatnya di
desa
Kacangan,kecamatan Ngunut,Kabupaten Tulungagung.
Perkembangan
bisnis usaha makanan merupakan salah satu bisnis usaha yang banyak di minati
oleh masyarakat,karena makanan sebagai kebutuhan hidup yang terus di
cari,apalagi makanan yang kita sajikan itu makanan yang sehat dan bergizi dan
banyak di minati oleh banyak orang.Nick Manggo Rawon house yang ingin kami
dirikan ini mempunyai banyak kekuatan yang mungkin dapat di jadikan suatu usaha
yang cukup maksimal yaitu tempat yang strategis,makanan yang menspecialkan kuah
dan sambel sebagai menu utama yang cukup banyak pengemarnya.Selain itu Nick
manggo Rawon House selain menyediakan makanan juga menyediakan bahan-bahan
masak untuk Rawon itu sendiri yang bisa di beli sebagai oleh-oleh atau take
away.
Nick
Manggo Rawon House selain kuah dan sambel yang beraneka juga di lengkapi dengan
jeruk nipis bagi yang suka,kerupuk udang pilihan serta lauk pauk yang
berprotein serta daging pilihan yang fresh.Kebersihan juga menjadi salah satu
bagian terpenting Nick Manggo Rawon House kami,karena menurut kami kebesihan
sebagian iman dan menyehatkan.Nick Manggo Rawon House yang menyajikan berbagai
macam sambel dan aneka kuah serta lauk yang berprotein merupakan sasaran bagi
anak-anak pelajar,mahasiswa,buruh tani,buruh bangunan,buruh
pabrik,perkantoran,kecamatan,puskesmas dan masyarakat pecinta sambel dan Rawon
dari berbagai daerah baik luar kota ataupun luar pulau,juga harga yang
terjangkau untuk semua kalangan menengah kebawah.
A.Rencana
Bisnis kami
Dalam
perencananaan konsep bisnis usaha Nick Manggo Rawon House dalam system
produksinya cabe di beli dari petani cabe,daging sapi di beli dari peternak
sapi juga dari pasar sapi yang mempunyai kwalitas sapi sehat dan
terbaik,kwalitas yang baik menjadi salah satu pilihan kami dengan didukung
harga dan jarak tempuh yang murah dan mudah.Untuk lauk pauknya,telor asin kami
peroleh dari peternak atau petani yang berkwalitas baik.
Proses
pembuatan menu dan penyajiannya yang bersih dan menarik menjadi andalan Nick
Manggo Rawon House kami.Begitu juga dengan harga yang sangat terjangkau dapat
meringankan para pembeli khususnya pelajar dan mahasiswa.Untuk pemasarannya
sendiri kita melakukan berbagai iklan seperti panflet,poster,radio,facebook
seoerti Facebook Nick Manggo saat ini,dan mengunakan cara tradisional yaitu
dari mulut ke mulut atau system Gethok Tular.Begitu juga di lengkapi dengan
promo harga murah untuk menarik para konsumen yang datang ke Nick Manggo Rawon
House.Usaha ini akan mengalami perkembangan dengan membuka cabang-cabang di
berbagai daerah.Pengembangan teknis dan produksi akan kami lakukan dengan
mengembangkan variasi menu dan penataan Lay Out agar para tamu tak akan bosan
dengan suasana yang kami suguhkan,tanpa mengabaikan ritail is detailnya serta
seni dalam penataannya,adanya toilet dan wastafel yang bersih serta tempat
makan yang berada di luar restoran yang di bentuk sebagai taman.Operasional
yang akan diterapkan di area service mengikuti pedoman Standart Operational
Prosedure (SOP) yang pada umumnya diterapkan di rumah makan.Pengembangan
manajemen personalia di lakukan dengan melakukan pembinaan kepada karyawan agar
dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola usaha sehingga
terbentuk jiwa kewirausahaan yang kuat karena kami memilih karyawan bukan dari
tingkat pendidikan tapi tingkat kemauan dan tekat untuk bekerja karena misi dan
visi kami adalah membantu sesama.Pengembangan pada aspek keuangan kami akan
melakukan dengan menerapkan analisis titik impas,prediksi pendapatan
penjualan,perhitungan penetapan,harga jual menu,dan system pembukuan.
B.Lokasi
Usaha kami.
Kabupaten
Tulungagung adalah satu kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa
Timur,Indonesia.Tulungagung terkenal sebagai daerah Indutri satu dari beberapa
daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, Wisata Alam,Wisata Budaya,dan Wisata
Kuliner,yang terletak 154 km barat daya Kota Surabaya,ibu kota Propinsi Jawa Timur.
Pendirian
Nick Manggo Rawon House berada di jalan Jambu SMP N 2 Ngunut di area pemukiman
masyarakat,dekat dengan area perkantoran ,area sekolah ,serta area pasar.Estimasi
atau perencanaan tamu yang akan datang ke Nick Manggo Rawon House ini
diprediksikan dari jumlah penduduk di kelurahan Ngunut pada umumnya berjumlah
16.300 jiwa,siswa sekolah mulai dari SD,SMP,SMA yang ada di sekitar lokasi Nick
Manggo Rawon House ini sekitar 24.200 jiwa,belum lagi tempat tidak jauh dari
keramaian pasar.
Analisis
PEST
Identifikasi
peluang ,Ancaman,kekuatan dan Kelemahan Nick Manggo Rawon House,
Peluang
dan Ancaman Nick Manggo Rawon House,
1.Peluang/Opportunities
Faktor
peluang dan ancaman merupakan lingkungan ekternal Nick Manggo Rawon House yang
keberadaanya tidak akan dapat dikendalikan dan harus mampu memanfaatkan peluang
yang ada dan selalu siap untuk meantipasi ancaman di daerah lingkungan kami dan
sekitarnya.
Faktor
Eksternal :
1.Lingkungan
Politik dan hukum
O1.keamanan
lingkungan Kota Tulungagung yaitu peran Pemda kota Tulungagung terhadap
industri pariwisata serta sarana pendukung yang terlihat melalui aturan dan
perundang-perundangan yang jelas.Hal ini akan menciptakan kondisi lingkungan
usaha yang aman dan terjamin.
2.Lingkungan
social budaya demografi
O2.Pangsa
pasar yang luas,yaitu dengan jumlah penduduk kota Tulungagung yang semakin
tinggi merupakan peluang bagi restoran untuk mengembangkan pangsa pasar ke
skala yang lebih luas.
O3.
Perubahan gaya hidup masyarakat serta minat masyarakat terhadap kepraktisan
serta perilaku belanja di mall atau toko-toko ,dan makan di luar rumah,hal ini
akan mendorong pertumbuhan usaha restoran di kota Tulungagung.
O4.Event
dan Exhibition Nick Manggo Rawon House adanya pasar malam,pasar bebas,dan
bazar,kegiatan ini akan mampu mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang
besar,sehingga berdampak pada peningkatan penjualan produk Nick Manggo Rawon
House
3.Lingkungan
Ekonomi
O5.Adanya
peningkatan pendapatan daerah dan daya beli masyarakat.Pendapatan kota
Tulungagung semakin tinggi,ini bisa digambarkan dari kesejahteraan rakyat yang
semakin meningkat
O6.
Meningkatnya daya beli masyarakat serta meningkatnya pendapatan masyarakat di
kota Tulungagung yang mendorong usaha toko atau restoran di setiap daerah,mulai
dari sector pertanian,perindustrian,listrik,gas dan air bersih serta
banggunan..
4.Lingkungan
Teknologi
O7.Adanya
perkembangan kemajuan inovasi teknologi yang semakin pesat dan banyak
dimanfaatkan oleh restoran untuk menciptakan keunggulan di bandingkan
pesaingnya.Dengan adanya Teknologi yang cangih akan memudahkan suatu usaha
untuk berkembang dengan cepat,bisa mengubah produk
jasa,pasar,pesaing,pelanggan.Perubahan ini akan semakin membuat maju usaha Nick
Manggo Rawon House,yang tidak hanya sebagai tempat makan ,tapi sebagai tempat
berkumpul,ataupun nongkrong bareng,kami akan membuat pengunjung semakin nyaman
dan merasa betah,misalnya kami akan memberi fasilitas internet hotspot,serta
musik player.
5.Lingkungan
Usaha Industri
2.Ancaman/Treats
T1.Adanya
isu keracunan daging sapi yang pernah mengegerkan kota Tulungagung yang
mempengaruhi kepercayaan konsumen akan keamanan dalam mengkomsumsi daging sapi.
T2.Maraknya
isu flue burung juga mempengaruhidaya beli masyarakat untuk makan di luar rumah
atau di restoran.
T3.Kenaikan
harga makanan,yang akan menyebabkan kenaikan biaya produksi restoran,yang
berdampak pada penurunan tingkat keuntungan dan pengurangan jumlah produksi di
Nick Manggo Rawon House.
T4.Kelangkaan
bahan bakar minyak tanah dan gas elpiji,akan menjadi suatu hambatan bagi
kegiatan produksi restoran kami dan juga mengakibatkan kenaikan harga bahan
bakar minyak dan elpiji.
T5.Tingat
inflasi yang berfluktuasi yaitu tingkat inflasi dalam perekonomian di Indonesi
yang berfluktuasi menimbulkan kondisi ketidakpastian,yang akan menyulitkan
usaha restoran dalam mengembangkan usaha yang lebih besar.
T6.Persaingan
tinggi,dengan peningkatan jumlah restoran dan rumah makan di kota Tulungagung
yang semakin meningkat akan menciptakan lingkungan persaingan yang semakin
kompetitif.
T7.Hambatan
masuk industri sangat kecil,pendatang baru dalam industri restoran dengan
sangat mudah mendapatkan akses untuk masuk dalam industri usaha.
T8.Produk
subtitusi tersedia sangat banyak bagi Nick Manggo Rawon House ini yaitu toko
tradisional dan restoran khas daerah kota Tulungagung JAVA FASTFOOD.
T9.Kekuatan
tawar menawar konsumen sangat tinggi yaitu konsumen bebas memilih sesuai dengan
kebutuhan tanpa ada biaya peralihan.
Faktor
Internal
Kekuatan
dan kelemahan Nick mango Rawon House,
Kekuatan/Strenghts
;
1.Manajemen
dan SDM
S1.
Nilai usaha dan konsep Nick Manggo Rawon House,yaitu konsep restoran khas
daerah JAVA FASTFOOD,merupakan keunggulan dan keunikan yang semula biasa
menjadi lebih lain dari konsep usaha sejenis lainnya.
S2.Standart
operasional yang jelas dan terarah yang merupakan acuan bagi karyawan dalam
bekerja nantinya dapat menjadi standart kualitas usaha Nick Manggo Rawon House.
S3.Budaya
dan motto kerja yang unik Ceria dan tersenyum akan memacu semangat karyawan
dalam bekerja.
S4.SDM
yang berkualitas dan terlatih suatu bentuk tanggung jawab restoran terhadap
pengembangan kwalitas para karyawan.
2.Pemasaran
S5.,Keunikan
merk yaitu nilai usaha konsep Nick Manggo Rawon House khas daerah Java Fastfood
merupakan keunggulan dan keunikan yang semula biasa menjadi lebih lain dari
konsep usaha sejenis lainnya.
S6.Variasi
produk serta menu yang kami sajikan sangat bervariasi yang memiliki kekhasan
daerah kami juga memiliki ciri khas tersendiri dan kami akan memadukan gaya
chef ala Hongkong,yaitu masakan daerah yang akan kami padukan dengan masakan
Hongkong yang membuat masakan dan menu Nick Manggo Rawon House menjadi menu
semi oriental.
S7.Lokasi
Nick Manggo Rawon House sangat strategis dan mudah terjangkau,lokasi tempat ada
di antara pojok kota Tulungagung tepatnya di kecamatan Ngunut selatan SMP N 2
Ngunut.
S8.Strategi
penetapan harga,yang secara psikologis melalui proses planning produk
menjadikan Nick Manggo Rawon House sebagai rumah makan keluarga yang memiliki
daya tarik dari segi harga yang sangat terjangkau oleh kalangan menengah ke
bawah.
3.Produk
dan operasi,
S9.Pengelolaan
barang dan bahan baku yang berkualitas yang mencakup pemesanan,penyimpanan,dan
pengelolaannya akan kami lakukan dengan propesional.
4.Keuangan,
S10.
keterjaminan modal dan sumber keuangan modal yang kami butuhkan kira-kira
sebesar Rp 80.000.000,00 akan diperoleh dari milik sendiri Rp 70.000.000,00 dan
sisanya akan kami peroleh dari pinjaman bank Mandiri sebesar Rp 10.000.000,00
tapi masih dalam tahap perencanaan.
5.Teknologi
Kelemahan/Weakness
W1.Belum
memiliki sertifikat halal MUI,walaupun bukan merupakan keharusan tapi dengan
adanya sertifikat halal adalah salah satu bentuk tanggung jawab sebagai jaminan
keamanan komsumsi produk yang ada di Nick Manggo Rawon House ini.
W2.Kegiatan
promosi kami kurang gencar,karena belom meluas di seluruh kota Tulungaung dan
masih konsentrasi dengan Nick Manggo Rawon House kami .
W3.Layanan
distribusi produk yang kami lakukan masih kurang karena produk ke konsumen
terbatas dan kurang meluas.
W4.Pencapaian
target pendapatan yang belom stabil,karena tingkat persaingan yang tinggi akan
mempengaruhi kemampuan untuk mencapai target,yang akan berakibat pendapatan
tidak sesuai dengan yang diharapkan.
W5.Pengelolaan
situs web site yang belom optimal,banyaknya informasi yang belom tersedia
sehingga pemanfaatanya masih kurang.
Analisis
Matriks SWOT
Berdasarkan
identifikasi factor lingkungan Eksternal dan Internal Nick Manggo Rawon
House,mempunyai 8 macam strategi yang kini dikelompokan menjadi 4
yaitu,strategi S-O,Strategi S-T,Strategi W-O dan Strategi W-T.
Strategi
S-O
1.
Strategi
SO-1,kami akan membuka outlet baru di pusat perbelanjaan lain di kota
Tulungagung.Dengan adanya kualitas SDM serta keterjaminan modal keuangan yang
akan menjadi kekuatan Nick mango Rawon House untuk memperluas pangsa
pasar,dengan semakin pesatnya pertumbuhan pusat belanja di kota Tulungagung.
2.
Strategi
SO-2,Nick Manggo Rawon House akan mensponsori event atau exhibition di kota
Tulungagung,dan ini merupakan peluang besar untuk menarik konsumen lebih banyak
dan salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan serta sebagai upaya
promosi yang efektif.
Strategi W-O
Strategi W-O
1.
Strategi
WO-1,kami akan menyediakan layanan pesan antar dan paket hemat,menu
khusus,strategi ini tujuannya untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan
lebih praktis.Adanya penyediaan paket khusus sebagai upaya difersifikasi
produk,misalnya paket hemat porsi,paket untuk anak-anak,paket hari raya dan
lainya.
2.
Strategi
WO-2,Nick Manggo Rawon House akan mengoptimalakan promosi melalui iklan dan
media dan website,strategi ini merupakan upaya promosi yang sebaiknya kami
lakukan intensif ,misalnya pemasangan spanduk,billboard,gethok tular,facebook,serta
mengoptimalakan fungsi website dalam memberikan informasi bagi konsumen.
Strategi
S-T
1.
Strategi
ST-1, yaitu mempertahankan strategi penetapan harga,target pasar Nick Manggo
Rawon House adalah konsumen dari golongan menengah kebawah dan keatas.(lihat di
S8,S10,T2,T3,T4)
2.
Strategi
ST-2, untuk menjaga hubungan baik dengan pemasok untuk menjaga kualitas bahan
baku yang merupakan kunci kualitas dan produk yang kami hasilkan sesuai dengan
SOP.(lihat di S9,S10,T2,T3)
3.
Strategi
ST-3,untuk menjaga kualitas produk makanan serta pelayanan konsumen,tujuannya
untuk mempertahankan loyalitas konsumen,produk yang bermutu dan pelayanan yang
memuaskan ini akan membuat konsumen merasa nyaman,aman dan tenang dengan
suasana di Nick Manggo Rawon House.(lihat di S1,S2,S4,S9,T1,T5,T8)
Strategi
WT,
Dengan
evaluasi strategi WT ini dapat dilakukan secara berkala oleh pihak
manajemen,misalnya secara bulanan,yang di harapkan pihak manajemen akan mampu
senantiasa melakukan perbaikan,kelemahan dan kekurangan restoran secara kontinu
serta strategi ini sangat membantu untuk mengenali kondisi lingkungan
eksternal,internal serta kondisi persaingan yang ada di sekitar Nick mango
Rawon House.
Strategi
WT ini untuk melakukan evaluasi dan kajian kemampuan Nick Manggo Rawon House
dalam menghadapi persaingan (lihat di W1,W5,W7,T5,T7,T8)
Bauran
Perencanaan Lokasi dan konsep Restoran Nick Manggo Rawon House,
Gambar
1.Papan nama restoran (Strategi Promosi)
Gambar2.Produk yang berkualitas dan porsi atau ukuran (Strategi Produk)
Gambar2.Produk yang berkualitas dan porsi atau ukuran (Strategi Produk)
Gambar
3. Suasana tempat makan di taman yang nyaman dan kebersihannya(strategi tempat
makan)
Gambar4.Lokasi
yang sangat strategis dan area parker yang nyaman (Strategi tempat)
Gambar
5.kecepatan dalam pelayanan(Strategi Orang)
Gambar 6.wastafel dan kamar mandi tempat cuci tangan(Strategi bukti fisik)
Gambar
7.Denah Lokasi perencanaan Nick Manggo Rawon House.(lahan milik pribadi)
Gambar
warna hijau adalah rencana tempat lokasi usaha.
Gambar
kuning adalah area pasar,
Gambar
pink adalah area toko ,ruko,hair salon.
Dengan
semua analisa lokasi dan metode SWOT yang kami lakukan untuk memulai usaha
restoran Nick Manggo Rawon House ini,semoga bisa kami lakukan dengan baik
berdasarkan analisa kami dari pembelajaran jarak jauh dari Universitas Ciputra.
amin.
Di
susun oleh:
Anik
Hernawati,
2012/7/1,
Perancangan Usaha Rumah Makan Nick Manggo Rawon House.
Tugas minggu ketiga,Program Distance Learning UC.
Pembimbing:
Bapak.Nur Agustinus.
2012/7/1,
Perancangan Usaha Rumah Makan Nick Manggo Rawon House.
Tugas minggu ketiga,Program Distance Learning UC.
Pembimbing:
Bapak.Nur Agustinus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar