Kamis, 21 Maret 2013

Bisnis Model Canvas

Belajar bagaimana cara membuat bisnis usaha dengan model kanvas




Saat belajar bersama UCDE PER BATCH 1 ,saya sangat antusias mengikutinya,apalagi soal Ritel is Detail.
Dalam pembelajaran yang berlangsung selama 4 bulan,yang sangat membuat hati dan jiwa adlah saat mengerjakan bisnis usaha model kanvas.Siapa yang tidak ingin usahanya menjadi kenyataan ,mulai dari usaha kecil menjadi usaha yang lebih besar lagi ?
Tentunya kita akan menginginkan hal itu bukan ? hemm...saat pelajaran yang diberikan Bapak Dosen Nur Agustinus,saya semakin hari semakin mengerti akan cara bagaimana memulai usaha atau berbisnis.Tentunya untuk memulai suatu bisnis memerlukan sebuah proses,tidak langsung memulai dengan usaha yang besar dan tanpa usaha ataupun perjuangan....duh,,,menarik sekali sampai saya punya cita-cita ini dan itu....wooow...bagaimana ya ? usaha apa ya ? terus gimana ya? sangat menarik sekali membuat pikiran ingin memulai dan terjun langsung membuka usaha .Khusus untuk saya dan sahabat mahasiswa Per yang masuk dalam golongan start up,pasti akan merasakan betapa kerasnya perjuangan untuk mengembangkan suatu bisnis usaha.Untuk itu apabila kita sebagai start up,sangat penting untuk memiliki atau membuat  sebuah Business model, agar dapat dipetakan, tergambar secara sistematis, yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan pengembangan manajemen stratejik bisnis. Masalahnya tidak semua pengusaha pemula (bahkan yang sudah lama berbisnis) tahu apa itu business model dan juga memilikinya.

Apa sih business model itu dan untuk apa manfaatnya? Hup...... binggung juga sih ? Bapak Dosen ...?

Business Model dapat kita katakan merupakan sebuah template yang digunakan untuk menggambarkan seperti apa bisnis yang ingin kita bangun atau bisnis apa yang sedang kita jalani sekarang secara menyeluruh dan dari berbagai aspek. Saat ini, mungkin bagi pengusaha pemula sudah cukup menjelaskan tentang bisnisnya dengan singkat. Seperti “saya pengusaha kuliner”, “saya pengusaha fashion“, atau “saya pengusaha consulting services“. Tapi kemudian ada pertanyaan, “siapa target customernya?“, “bagaimana cara untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan?”, sampai akhirnya banyak hal lain yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh pengusaha start-up dan itu semua terangkum dalam sebuah business model untuk menggambarkan bisnis kita secara lengkap.
Contoh Inovation Business Model Canvas :


Contoh Business model canvas dari youtube :





Infrastructure
  • Key Activities: adalah aktivitas atau proses kunci yang ada di bisnis tersebut
  • Key Resources: merupakan sumber daya kunci atau utama yang diperlukan dalam menciptakan nilai tambah bagi para pelanggan
  • Partner Network: dalam bisnis kita tidak bisa melakukan semua sendirian, namun pasti akan berhubungan dengan supplier, distributor, atau partner dalam hal lain. Dalam business model ini juga turut digambarkan agar nantinya dapat mengurangi ketidakpastian dan resiko bisnis yang terkait dengan partner.
Product or Services Offering
  • Value Propositions: adalah keseluruhan gambaran produk atau jasa yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan para customer. Nilai-nilai tambah apa saja yang bisa diberikan terkait untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhannya? Atau justru selama ini kita menjual produk atau jasa yang tidak dibutuhkan pelanggan?
  • Customer Aspect
    • Customer Segments: menjelaskan siapa saja target-target pelanggan kita. Apakah memang untuk pasar masal, pasar tertentu yang tersegmentasi, pasar yang bersifat lebih khusus, atau yang seperti apa? Mendeskripsikan segmen pelanggan akan menentukan apa produk dan jasa yang nantinya akan kita berikan kepada pelanggan
    • Channel: yaitu bagaimana cara agar produk, jasa, dan nilai tambah yang kita ciptakan ini disadari, dibeli, dan sampai ke tangan customer sesuai dengan apa yang kita janjikan.
    • Customer Relationship: Di era kompetisi yang ketat seperti sekarang ini sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar pelanggan merasa nyaman dan dekat. Di bagian ini akan dijelaskan bagaimana sebuah bisnis menjaga hubungan dengan para pelanggannya.
    • Finances 
      • Cost Structure: yaitu penjelasan mengenai struktur-struktur biaya yang terlibat dan dikeluarkan dalam bisnis, baik itu fixed and variable cost, maintenance cost, operational cost, dan lain sebagainya.
      • Revenue Stream: penjelasan tentang apa saja hal-hal yang membuat bisnis mendapatkan pemasukan dari para pelanggannya.
    • ................................................................................................................................................Latihan :


    • Business Model Canvas                : Toko Mainan dan Buku-Buku


      Dibuat oleh:Anik hernawati      
    • Key partners...
    • *Grosir mainan anak-anak di Hongkong
    • *Toko buku murah di Hongkong
    • *Brand dan merk  mainan dan buku bacaan anak sesuai umur
      *Balai pustaka yang terkenal

      Key Activities....

      *pembelian,buku baru dan harga murah
      *pemilihan buku bekas yang bermanfaat
      *outlet mainan anak dan buku

      Key recources....

      *system operasional
      *Toko buku dan mainan anak
      *Daftar nama buku dan pengarang

      Value Propositions....

      *baca buku bikin pintar
      *mainan bikin anak senang dan memacu semangat belajar
      *buku dan mainan berbasis ,E_Learning Internasional
      *bisnis yang menguntungkan dan menyenangkan
      *Cinta dan sayang anak

      Customer Relitionships....

      *komunitas anak-anak
      *SD,SMP
      *Kelas menengah ke bawah
      *para orang tua


      Cost Structure....

      *Harga buku atau mainan lebih mahal untuk kualitas yang bagus
      *Biaya pengiriman mahal
      *Biaya percetakan naik
      *Biaya konsultan


      Revenue Streams.....

      *Penjualan Toko sendiri
      *Pendapatan tunggal/mandiri


      By. Nick Manggo.

      Terima kasih untuk dosen pembimbing

      Bpk.Nur Agustinus






1 komentar:

  1. Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan gadai bpkb mobil, proses pencairan cepat serta suku bunga rendah dan pembiayaan kredit mobil bekas dp murah untuk seluruh wilayah di Indonesia.

    Untuk informasi pengajuan pinjaman dana jaminan bpkb mobil atau pembiayaan mobil bekas, Silahkan hubungi marketing kami berikut ini. Cukup melalui sms atau whatsapp secara online, Kemudian marketing kami akan menghubungi Anda.

    Office :
    Jl. Margonda Raya No 88 A-C, Depok, Jawa Barat
    Phone : 021-77204222, 021-77204333, 021-77204888
    Fax : 021-77200022, 021-77205111

    Contact Person :
    Sukma Dinata ( Marketing Officer )
    Tlp/ Sms/ WhatsApp/ Line : 081280295839

    https://www.jaminkanbpkb.com/
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/leasing-pembiayaan-kredit-mobil-bekas.html
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/syarat-gadai-bpkb-mobil.html
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/pinjaman-jaminan-bpkb-mobil.html
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/cara-gadai-bpkb.html

    BalasHapus